oleh

Merah Putih Membanjiri Manokwari saat peringatan 1 Mei

Masyarakat Manokwari melaksanakan konvoi merah putih dalam rangka peringatan Kembalinya Papua ke Indonesia (Foto : Kontributor Manokwari)

Manokwari – Memperingati 1 Mei sebagai hari dimana kembalinya Papua kedalam pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke-54 tahun, warga Papua dan non Papua di Manokwari diakomodir oleh Barisan Merah Putih (BMP) Provinsi Papua Barat  dan melakukan konvoi di dalam Kota Manokwari dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat sambil membawa bendera merah putih keliling dalam kota Manokwari.

Ketua Harian BMP Provinsi Papua Barat, Leonardus Tuturop, Senin (1/5) usai konvoi  mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengajak warga nusantara, khususnya pemuda Papua untuk mengetahui sejarah kembalinya Papua kedalam NKRI. Menurut Tuturop bahwa Papua tergabung kedalam NKRI sejak 1966 tahun silam, maka kalau terhitung hingga 2017 ini, maka Papua sudah integrasi ke NKRI selama 54 tahun.

BPM melakukan kegiatan konvoi dengan membentuk panitia dengan tiga jenis nama, Siwi Irawari sebagai koordinator konvoi.  Tujuan kegiatan konvoi dengan membawa bendera merah putih memberikan pemahaman bagi masyarakat bahwa Papua sudah ada dalam NKRI, sebab kalau tidak ada pemahaman, maka masyarakat terpendam.
“Lembaga ini bergerak dan berbicara untuk mengembalikan kepentingan orang asli Papua dan menyangkut dengan keselewengan yang melawan negara, maka kami lakukan konvoi ini supaya masyarakat kita pahami tentang sejarah 1 Mei,” kata Tuturop.

Ditanya semangat pemuda Papua Barat tentang kembalinya Papua ke NKRI, diakui Tuturop bahwa semangat pemuda sesuai lirik mata organisasi BMP kebingungan memilih, apakah mengikuti negara atau kemana.Hal ini disebabkan karena kurangnya sosialisasi pemerintah tentang sejarah ini, maka perlu dilakukan sosialisasi tentang kebangsaan ini, terutama sejarah bangsa ini dan semangat nasionalisme.

“Negara belum melakukan sosialisasi yang dapat memberikan semangat kepada pemuda kita, bahkan pemuda kita ini kebingungan, maka sangat penting sosialisasi,”tambah Tuturop. Ditambahkan Tuturop rombongan konvoi dilepas depan sekertariat dan melintasi jalan protokol kota Manokwari dan finish kembali ke sekertariat di perumahan bumi Marina Asri Amban.

 

News Feed