oleh

MERAH PUTIH BERKIBAR DARI MULIAMA HINGGA PIRAMID

-Artikel, Berita, News-280 views

Kitorangpapuanews.com – Menjelang momentum peringatan HUT ke-75 RI, Puluhan warga masyarakat Kabupaten Jayawijaya sangat antusias memasang ribuan bendera merah putih disepanjang jalan Distrik Muliama ke Distrik Piramid yang berjarak kurang lebih 15 kilometer.

Distrik Piramid merupakan sarang Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB), meski sempat diwarnai aksi protes dari warga setempat dengan adanya pendekatan dari satgas Mandala satu sattis jayawijaya, akhirnya warga setempat menunjukan rasa Nasionalisme dengan memasang ribuan bendera merah putih.

Kepalan Distrik Piramid Nius Tabuni menuturkan bahwa pemasangan bendera diawali dari Distrik Muliama kampung Lewing hingga kampung Galinggume Distrik Piramid.

Nius Tabuni menuturkan bahwa memang selama 2 tahun belakangan ini untuk Distrik Piramid tidak pernah melakukan upacara hari 17 Agustus, sehingga dengan momen ini pihaknya dengan Satgas Mandala Satu melakukan pemasangan ribuan bendera merah putih.

Di momen itu, Kepala Distrik Piramid juga menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan pemasangan ribuan bendera merah putih tersebut.

“Saya pribadi menyampaikan apresiasi yang tulus sekali, memang memperingati hari  kemerdekaan republik Indonesia sebelumnya, kami belum pernah lihat ini, kali ini memang luar biasa, satuan Maleo turun langsung lapangan memasang bendera, tidak bisa kita menilai dari sisi negatif tapi ini harus kita hargai karena ini menjelang hari besar untuk bangsa ini” ujarnya.

Sementara ditempat yang sama Hengki Heselo selaku tokoh masyarakat menegaskan bahwa wilayah papua mutlak bagian dari NKRI.

Hengki Haselo juga menuturkan bahwa masyarakat sangat bersemangat sekali dalam melaksanakan pemasangan bendera karena hal ini tidak pernah dilakukan sebelumnya.

“Dari dulu sampai sekarang, TNI-Polri dan pemerintah Kabupaten Jayawiaya tidak pernah  buat hal ini, hari HUT RI tahun 2020 ini, Maleo luar biasa pasang bendera sepanjang jalan Muliama hingga Piramid hampir empat distrik, kami semangat sekali karena kami perduli NKRI” tegasnya.

Direncanakan pada bulan desember mendatang, warga setempat akan memecahkan rekor pengibaran bendera merah putih yang lebih meriah lagi.

News Feed