oleh

Mengejutkan !!! Hasil Visum Korban Selamat Penembakan Pelajar Di Ilaga Ternyata Berbeda Dengan Kesaksiannya

Kitorangpapuanews.com – Peristiwa penembakan dua pelajar yang diduga dilakukan oleh Orang Tak Dikenal  (OTK) yang terjadi pada Jumat (20/11/2020) lalu, saat kedua pelajar hendak menuju Distrik Agandume, Kabupaten Puncak, Papua, masih menyimpan banyak kejanggalan.

Kedua pelajar  yang menjadi korban adalah Atanius Murib dan Manus Murib. Atanius Murib tewas ditempat kejadian, sementara Manus Murib berhasil selamat dan dibawa ke Puskesmas Ilaga oleh warga disekitar tempat kejadian.

Berdasarkan kesaksian korban, sebelum diterbangkan ke RSUD Timika mengatakan bahwa mereka ditembak dari tempat yang lebih tinggi. Tembakan itu mengenai mereka, dimana. Atanius meninggal di lokasi kejadian. Sedangkan Manus juga mengalami luka tembak, lalu ia berpura-pura mati.

Setelah itu Manus melarikan diri dan ditolong warga di Kampung Jakimaki. Oleh warga setempat, Manus dibawa ke Puskemas Ilaga untuk mendapat pertolongan medis atas luka yang dialaminya. Dia tiba di Puskesmas Ilaga sekitar pukul 18.00 WIT dengan diantar warga.

Namun demikian dari kesaksian korban ditemukan kejanggalan, dimana sebelumnya korban mengaku terkena luka tembak. Akantetapi setelah dilakukan pemeriksaan di RSUD Timika pada tanggal 21 November 2020, hasilnya tidak ditemukan bekas luka tembak pada korban.

Kepastian tersebut didapat dari hasil Visum Et Repertum terhadap korban yang dikeluarkan pihak RSUD Timika pada tanggal 24 November 2020.Dari hasil visum, tim medis menemukan luka robek pada leher bagian depan, luka lecet pada bibir bagian bawah dan luka robek pada kepala bagian belakang.

Selain menemukan bekas luka terbuka, tim medis juga melakukan pemeriksaan penunjang berupa roentgen dan pemeriksaan laboratorium. Hasilnya pada bagian kepala ditemukan patah pada tulang rahang bawah dan pembengkakan jaringan lunak sekitar rahang bawah. Luka pada rahang bawah di duga bukan akibat dari luka tembak melainkan terbentur benda tumpul.

Sebelum hasil visum ini keluar pada hari Selasa (24/11), korban sudah dibawa keluar dari RSUD Timika atas permintaan dari pihak keluarganya pada Senin (23/11) dengan kondisi stabil. 

Sampai berita ini diturunkan, korban masih belum bisa dimintai keterangan secara detail terkait peristiwa penembakan terhadap dirinya seperti yang disampaikannya pada saat konferensi pers di Puskesmas Ilaga sesaat sebelum diterbangkan ke Timika untuk pengobatan lebih lanjut.

News Feed