Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, Tim Ekspedisi NKRI Mengajar Anak-anak Di Pedalaman Papua Selatan

oleh

Kitorangpapuanews.com, Asmat – Sejumlah anak bangsa yang tergabung dalam Tim Ekspedisi NKRI, saat ini tengah melakukan eksplorasi wilayah Papua bagian selatan bekerjasama dengan berbagai komponen masyarakat khusunya generasi muda Papua untuk menumbuhkan kesadaran bela negara, wawasan kebangsaan serta rasa persatuan seluruh komponen bangsa.

Wujud Kepedulian Tim Pengabdian Masyarakat Subkorwil-1/Asmat memanfaatkan waktu di Poskotis dengan berbagi ilmu pengetahuan kepada anak-anak sekolah dasar di sekitar Poskotis sambil bermain dan bercerita tentang Indonesia, lagu-lagu nasional, keanekaragaman budaya, cerita rakyat dari daerah lain di Indonesia, cerita perjuangan pahlawan nasiona, arti kebhinekaan dan kepulauan Indonesia.

“Selain membaca tim pengabdian masyarakat juga mengenalkan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, sopan santun dan belajar sebagai bagian dari perjuangan kepada siswa adik-adik siswa-siswi sekolah dasar,” ungkap Dansubkorwil-1/Asmat Mayor Inf Sang Ngurah.

Berbekal buku cerita rakyat dan cerita bergambar, Tim Pengabdian Masyarakat Subkorwil-1/Asmat bercerita tentang pahlawan nasional Indonesia, lagu-lagu kebangsaan, Bhinneka Tunggal Ika, kepatuhan anak kepada kedua orangtua, serta memberikan motivasi belajar.

Hal ini dilakukan sebagai pengenalan, pemberian wawasan, pengetahuan dan semangat kepada siswa-siswi sekolah dasar sepulang sekolah, materi yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan anak setingkat sekolah dasar dengan pola mengajak kembali untuk menginggat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya

Susasan santai, bermain sambil belajar, diharapkan pengetahuan mudah dicerna, dipahami dan dimengerti dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari hari.

Dengan belajar bersama sambil bermain diharapkan tumbuh rasa bela negara, rasa cinta tanah air dan pengetahuan wawasan kebangsaan sehingga nantinya dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan NKRI. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *