Memajukan Perbatasan, Merauke Terbanyak Miliki Puskesmas Prototype

oleh

Metro Merauke, kitorangpapuanews – Sebanyak 9 Puskesmas Prototype di Merauke, Papua diresmikan penggunaanya. Peresmian yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatangan prasasti oleh Bupati Merauke, Frederikus Gebze, Jumat (24/5). 9 Puskesmas Prototype di Merauke masing-masing Puskesmas Rimba Jaya, Puskesmas Kuprik, Puskesmas Kumbe, Puskesmas Naukenjeray, Puskesmas Sota, Puskesmas Bupul, Puskesmas Ulilin, Puskesmas Muting dan Puskesmas Waan. Dikatakan Bupati Freddy, pembangunan sejumlah puskesmas prototype di wilayah Merauke sebagai bentuk perwujudan komitmen pemerintah pusat untuk membangun Indonesia dari pinggiran.

“Sebagai masukan, bangunan puskesmas di Merauke perlu menambahkan tulisan atau gambar yang memiliki ciri khas setiap daerah sehingga menimbulkan efek optimis bagi yang sakit untuk sembuh,” ujarnya disela-sela peresmian. Menurut bupati, optimalisasi fungsi Puskesmas ini menjadi penting dilakukan agar ke depan dapat mendukung peningkatan dan kemajuan pembangunan daerah disektor kesehatan. Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Merauke, dr Adolf JY Bolang menjelaskan, Kabupaten Merauke kebagian pembangunan Puskesmas Prototype terbanyak di Indonesia, totalnya sebanyak 13 lokus dan yang berhasil dibangun 12 unit.

“Ini program pemerintah pusat. Sudah ada 9 yang saat ini diresmikan, sedangkan 3 diantaranya Puskesmas Tubang, Puskesmas Kaptel dan Puskesmas Jagebob masih dalam proses perampungan pembangunan,” terangnya. Dimana lanjutnya, dalam pemanfatannya, pihaknya mengacu pada ketentuan Menteri Kesehatan nomor 75 tentang Puskesmas sebagai pelayanan tingkat pertama. “Dimana pelayanan yang diberikan sesuai standar dan fasilitas pelayanan tingkat pertama.” Tandasnya. Kepala Dinas Kesehatan berharap, masyarakat ikut menjaga dan merawat fasilitas pemerintah dengan baik.