oleh

Mathius Awoitauw, SE M.Si (Bupati Jayapura) ” Era Kejayaan Kakao Masa Lalu Ingin dikembalikan Saat Ini”

-Berita-96 views

Kitorangpapuanews.com – “Koperasi Awadatum pernah  sukses,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura ingin mengembalikan kejayaan kakao masa lalu,”kata Mathius Awoitauw usai Focus Group Discussion (FGD) di Kantor Bupati Jayapura, Senin (13/1).

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE M.Si ingin mengembalikan kejayaan produktifitas kakao di Kabupaten Jayapura yang pernah berjaya di masanya. Untuk itu, dia meminta kepada dinas terkait agar lebih serius bekerja untuk mengembalikan kejayaan itu.

Sekadar diketahui, produksi kakao di Kabupaten Jayapura pernah mengalami kejayaan di era sebelum Tahun 2010. Namun di era 2010 ke atas, jumlah produksi kakao di Kabupaten Jayapura terus menurun. Saat ini, produksi kakao di abupaten Jayapura hanya mencapai 800 ton. Jauh berbeda di era kejayaanya, di mana jumlah produksi kakao mencapai 6000 ton bahkan pernah mencapai 9000 ton se-tahun.

“Ini disebabkan hama yang menyerang perkebunan kakao, sehingga hasil produksi kakao terus menurun,” kata Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Jayapura, Dodi Samyana saat dikonfirmasi, Senin (13/1).

Dia mengakui, selama ini, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk mengembalikan kejayaan kakao tersebut. Mulai dari rapat dengan sejumlah masyarakat di tingkat kampung hingga lintas sektor di tingkat kabupaten.

 

News Feed