oleh

Masyarakat Papua Minta BKKBN Masuk Kampung

-Artikel-557 views

Kitorangpapuanews.com – KBRN, Jakarta : Masyarakat Provinsi Papua mengusulkan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) berada hingga ke kampung-kampung di pedalaman di Papua.

Usulan itu disampaikan dalam dialog penguatan komitmen membangun program BKKBN dan kearifan lokal, bertempat di aula LPP RRI Jayapura, siang tadi. Dialog yang menghadirkan Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo tersebut, juga mensosialisasikan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Dalam dialog yang bertemakan ‘Keluarga Sehat Sejahtera’ ini, salah satu perwakilan dari Gerakan Rakyat Cinta NKRI Pemuda Provinsi Papua dan Kabupaten Kota, mengatakan, jika BKKBN sebagai badan yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengendalian penduduk dan penyelenggaraan keluarga berencana, tentu akan sangat efektif dan tepat sasaran jika dapat menyentuh hingga ke kampung-kampung.

“Kami turun di kampung-kampung melihat persoalan ini. Menurut saya, buat BKKBN di tingkat kampung atau kelurahan, sehingga memperpendek rentan pelayanan itu, sehingga menjadi terbiasa, dan akan melekat menjadi jiwa, jiwa bangsa yang sehat sejahtera,” ungkapnya.

Menyikapi hal itu, dalam program penguatan komitmen membangun program keluarga berencana dan membangun keluarga tersebut, Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano, mengatakan untuk mendekatkan program BKKBN, sudah dijalankan di 13 puskesmas. Dalam puskesmas tersebut, diantaranya melayani kelas ibu hamil, puskesmas ramah anak.

“Jadi pelayanan ibu dan anak bisa dilakukan di puskesmas. 13 kampung kami telah membentuk kampung KB, sebagai kampung tempat peningkatan pelayanan pada ibu hamil,” ungkapnya.

Sementara itu di Kabupaten Jayapura diketahui terdapat 19 Kampung KB, dengan 200 kader yang tersebar siap untuk memberikan penyuluhan pada masyarakat di pedalaman.

BKKBN sendiri merupakan lembaga yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengendalian penduduk dan penyelenggaraan keluarga berencana. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, BKKBN menyelenggarakan fungsi, perumusan kebijakan nasional, pemaduan dan sinkronisasi kebijakan di bidang KKB, penetapan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang KKB, pelaksanaan advokasi dan koordinasi di bidang pengendalian penduduk dan KB, dan lainnya.

News Feed