MASYARAKAT KEMBALI TENANG SETELAH TNI-POLRI BERHASIL MENGUASAI TEMBAGAPURA

oleh

Kitorangpapuanews.com, TimikaAparat TNI dan Polri berhasil menguasasi dan mengamankan kampung-kampung yang berada di sekitar kawasan Banti, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua dari Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB). Tim gabungan TNI-Polri berhasil menguasai Kampung Banti 1 dan Banti 2, Utikini, Longsoran, Kimbelu, dan Opitawak.

“Betul, tim gabungan TNI-Polri berhasil menguasai kampung-kampung yang berada di sekitar Kampung Banti. Kampung-kampung itu sebelumnya di bawah tekanan dan penguasaan KKSB sehingga dilakukan operasi penegakan hukum yang melibatkan TNI,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Kamal, di Jayapura, Selasa (3/4).

Sejak November 2017 sampai dengan saat ini , dari Kampung Utikini hingga Banti dikuasai KKSB. Menurut Ahmad, KKSB bahkan merusak jalan menuju Banti. Rumah sakit dan sekolah dasar yang ada di Banti dibakar pada pertengahan bulan Maret lalu. Dengan berhasil kembali dikuasainya kampung-kampung tersebut, diharapkan masyarakat dapat kembali beraktivitas secara normal aman dan tenang seperti dahulu.

Masyrakat sangat bersyukur dan bertrimakasih atas upaya dan keberhasilan Tni-Polri dapat menguasai kampung – kampung di Tembagapura dan dapat memukul mundur KKSB. Ini merupakan bentuk perjuangan untuk memberikan rasa aman kepada seluruh masyrakat Indonesia atas ganguan- ganguan keamanan kepada warganya.

Operasi penertiban KKSB di Kampung Banti, dilakukan menyusul tindakan kelompok tersebut yang membakar gedung Rumah Sakit Waa-Banti, gedung SD dan SMP Negeri Banti serta beberapa rumah warga. Pihak KKSB pernah mengirim surat ke pihak manajemen PT Freeport Indonesia untuk segera mengaktifkan kembali RS Waa-Banti dan penerangan listrik di kampung yang berdekatan dengan area operasi pertambangan Freeport itu.

Operasional RS Waa-Banti maupun sekolah dan penerangan listrik di wilayah Banti terhenti total sejak 26 Oktober 2017.namun beberapa waktu yang lalu kelompok ini malah membakar semua sarana dan prasana tersebut secara brutal. saat KKSB menguasai sejumlah kampung di sekitar Tembagapura, seperti Kimbeli, Banti, Utikini Lama, area Longsoran hingga Opitawak. Namun saat ini TNI dan Polri sudah berhasil menguasasi dan mengamankan kampung-kampung di Tembagapura.(05/04/2018)