MASYARAKAT DAN APARAT BAHU MEMBAHU BANGUN JEMBATAN DI MERAUKE

oleh

Merauke, Kitorang Papua – Masyarakat di Kampung Yemunain Jaya, Distrik Jagebob, Kabupaten Merauke bersama Babinsa Koramil 1707-05 Merauke, secara swadaya membangun jembatan darurat sebagai penghubung beberapa kampung sekitar.

Seorang Babinsa Koramil 1705-5 Merauke, Serda Yuda Sapta, kepada wartawan, Jumat lalu (9/11), menjelaskan pengerjaan jembatan darurat tersebut, setelah adanya kesepakatan bersama masyarakat setempat. Karena kondisi jembatannya sangat memprihatinkan.

“Betul bahwa kondisi jembatan rusak parah. Sehingga saya mengambil inisiatif melakukan komunikasi bersama masyarakat dan mereka merespons untuk dikerjakan secara gotong royong,” ungkapnya.

Dikatakan, jembatan dimaksud adalah penghubung tiga kampung sekitar yakni  Yemunain Jaya, Melin Megikar, serta Obathrow.

“Meskipun dikerjakan secara swadaya, namun memberikan manfaat bagi masyarakat untuk bisa melintas entah jalan kaki maupun mengendarai sepeda motor,” katanya.

Valentinus, seorang warga Kampung Yemunain Jaya, mengaku masyarakat setempat bersama Babinsa mengambil inisiatif demikian, mengingat kondisi jembatan sudah rusak dan selama ini sulit dilalui kendaraan roda dua.

“Ya, kami sudah mengerjakan secara swadaya jembatan dimaksud dan kini sudah boleh digunakan masyarakat untuk bepergian dengan motor ke kota maupun kampung-kampung sekitar,” katanya. (*)