oleh

Masih Ada Sistem Noken di Pilkada 2020

-Artikel, News, Politik-986 views

Kitorangpapuanews.comJAYAPURA – Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Papua dipastikan masih akan diwarnai dengan sistem pencoblosan dengan menggunakan noken.

Anggota Komisioner Bawaslu Papua, Ronald Manoach menyebut, setidaknya sistem noken akan digunakan di Kabupaten Yahukimo dan Pegunungan Bintang.

“Ada dua kabupaten yang pakai noken, Yahukimo dan Pegunungan Bintang. Kabupaten Yalimo menyatakan diri sudah tidak menggunakan noken, tapi faktanya mereka noken juga,” tutur Ronald, saat dihubungi, Rabu (22/1/20)

Penggunaan sistem noken dalam penyelenggaraan Pemilu diakuinya rawan untuk disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu. Karenanya, Ronald menegaskan Bawaslu sudah melakukan langkah-langkah antisipasi guna meminimalisir risiko terjadinya kecurangan.

“Kali ini kami sudah pelantikan Panwas Distrik sebelum KPU melantik PPD, sehingga proses pengawasan kami betul-betul maksimal di tingkat bawah,” kata dia.

“Paling tidak kesiapan personel paling utama, kan banyak unsur, tentu (persiapan itu) belum cukup karena kami harus menyiapkan perangkat kami di tingkat kabupaten dan distrik itu dengan semangat pengawasan,” sambung Ronald.

Setelah dilantik, pengawas di tingkat kabupaten hingga distrik/kecamatan, juga diberi penguatan kapasitas agar mereka dapat megoptimalkan langkah pencegahan.

Dengan hal tersebut, para pengawas di tingkat bawah diminta menjalankan fungsinya dengan baik sehingga pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Papua bisa berjalan dengan baik.

“Spirit dari pengawasan itu melakukan pencegahan bukan penindakan.

Jadi, melengkapi  kapabilitas pengawas di tingkat bawah dengan kemampuan memetakan sebuah titik rawan, lalu melihat potensi-potensi pelanggaran, kemudian membekali mereka dengan peraturan perundang-undangan,” tutur Ronald. Sebelas kabupaten di Papua yang menyelenggarakan Pilkada serentak tahun ini adalah, Kabupaten Nabire, Kabupaten Asmat, Keerom, Waropen, Merauke, Membramo Raya, Pegunungan Bintang, Boven Digoel, Yahukimo, Supiori, dan Yalimo.

News Feed