oleh

Masa Pandemi COVID-19, Pangdam, Kapolda Papua, Wagub pimpin rapat bahas situasi kamtibmas

-Artikel, News-24 views

Kitorangpapuanews.com – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw, Selasa (9/6) memimpin rapat forkopimda membahas situasi kamtibmas di masa pandemi COVID-19.

Rapat yang dikemas dalamk coffee morning dihadiri Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Wakil Gubernur Provinsi Papua Klemen Tinal, Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika, dan Danlanud Silas Papare Kolonel Pnb Budhi Achmadi.
Kapolda Papua sempat memaparkan perkembangan COVID-19, kebijakan pembatasan, bantuan kepolisian, keamanan selama pandemi COVID-19, kepercayaan terhadap institusi, flashback kasus rasisme, serta penegakan hukum unjuk rasa di Kab. Mimika, di Kota Jayapura, dan di Jayawijaya.
Selain itu juga dipaparkan tentang tujuh terdakwa kasus makar yang disidangkan di Samarinda, petisi pembebasan tujuh terdakwa makar yang ditujukan kepada Presiden RI, serta berbagai masalah yang menonjol termasuk kelompok KKB.
Kapolda mengakui proses pemindahan persidangan terhadap tujuh tersangka kasus makar sudah sejak awal dilaporkan ke gubernur termasuk penyebab dipindahkannya. Pemindahan tahanan ini hanya untuk mengeliminir terjadinya tindak kekerasan seperti kejadian yang lalu, kata Irjen Pol Waterpauw seraya menambahkan karena itulah pihaknya mengambil langkah memindahkan proses persidangan.
“Kami akan jelaskan kepada masyarakat mengenai siapa sebenarnya ketujuh pelaku kasus makar, karena singkatnya mereka merupakan aktor-aktor utama dan yang menggerakkan mahasiswa melakukan aksi di kabupaten/kota yang ada di Papua, ” jelas Irjen Pol Waterpauw.

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal mengatakan secara umum kasus rasisme di Papua dan di Amerika sangat berbeda. “Kami harus berfikir positif dan tetap mengutamakan kesetaraan di mata hukum, ” kata Wagub Tinal.

News Feed