27 Okt 2020
oleh

Mantan ajudan Goliath Tabuni panen jagung bersama Dandim 1714/Puncak jaya

-Artikel, News-522 views
“Untuk panen perdana ini, saya juga mengundang Bapak Dandim 1714/PJ untuk dapat hadir dan melihat langsung penen jagung perdana di lahan saya, dimana saya bersama keluarga sudah dapat melanjutkan kehidupan seperti masyarakat lainnya”
Kitorangpapuanews.com – Jayapura – Telangga Gire, mantan ajudan Goliath Tabuni, panen jagung perdana bersama Dandim 1714/Puncak Jaya (PJ) Letkol Inf Agus Sunaryo di atas lahan seluas dua hektare di Distrik Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Sabtu pagi.

Goliat Tabuni adalah salah satu tokoh Tentara Pembebasan Nasional (TPN) / Organisasi Papua Merdeka (OPM) di pegunungan tengah Papua yang kerap kali menlancarkan aksi penembakan atau kriminal kepada warga dan aparat TNI/Polri.

Sementara, Telangga Gire pada awal Juni tahun ini menyerahkan diri dan kembali ke pangkuan ibu pertiwi setelah sadar bahwa selama ini melakukan perbuatan melanggar hukum.

Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Kota Jayapura, Sabtu malam, setelah menyatakan diri kembali ke pangkuan ibu pertiwi, Telangga Gire menjalani hidup normal bersama keluarganya di Distrik Tingginambut dengan profesi sebagai petani.

“Untuk panen perdana ini, saya juga mengundang Bapak Dandim 1714/PJ untuk dapat hadir dan melihat langsung penen jagung perdana di lahan saya, dimana saya bersama keluarga sudah dapat melanjutkan kehidupan seperti masyarakat lainnya,” kata Telangga Gire.

Sebagai mantan anggota dari TPN/OPM yang sudah kembali ke NKRI, Telangga Gire menyampaikan, terima kasih kepada Dandim 1714/PJ yang telah banyak membantunya, di antaranya memberikan bibit jagung, kacang tanah, juga melalui pendampingan Babinsa dan personel dari Kodim 1714/PJ dalam penyuluhan pertanian atau lainnya.

“Sekali lagi terima kasih, saya sampaikan kepada Bapak Dandim 1714/PJ bersama rombongan yang sudah berkenan hadir dalam acara panen perdana ini,” kata Telangga.

Sementara itu, Dandim 1714/PJ Letkol Inf Agus Sunaryo sangat mengapresiasi kerja keras Telangga Gire dalam berkebun, setelah menyatakan kembali ke NKRI dan dapat melanjutkan kehidupan yang lebih baik lagi.

“Hal ini dibuktikan dengan bertani bersama keluarganya, hari ini kita semua berkumpul di sini untuk bersama sama-sama melaksanakan panen perdana di kebun saudara Telangga Gire,” kata Dandim.

Pada momentum ini, Dandim 1714/PJ Letkol Inf Agus Sunaryo bersama personelnya memberikan bantuan sembako kepada keluarga besar Telangga Gire.

“Memang tidak banyak apa yang kami berikan, tetapi kami berharap semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat bagi keluarga saudara Telangga Gire,” kata Agus.

Dalam kegiatan panen jagung bersama itu nampak hadir, Sekretaris Distrik Tingginambut Olies Kogoya, Pasiter Kodim 1714/PJ Kapten Inf Indra Siswanto dan Danposramil Tingginambut Sertu Mohammad.

News Feed