oleh

Mahfud Tampung Usulan Hendropriyono Masukkan KKB Papua sebagai Teroris

-News, Sosial-331 views

Kitorangpapuanews.com – Menko Polhukam Mahfud MD menanggapi saran mantan Kepala BIN, AM Hendropriyono, yang menyarankan pemerintah serius menangani Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, termasuk memasukkan KKB sebagai teroris internasional. Mahfud menuturkan usulan Hendropriyono akan ditampungnya.

“Soal Pak Hendro baguslah, Pak Hendro kan senior. Dia pernah lama di pemerintahan, dia juga jenderal di BIN. Jadi dia punya kapasitas untuk mengusulkan hal-hal seperti itu,” ujar Mahfud di acara refleksi akhir tahun Kemenko Polhukam di Bakso Boedjangan, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (25/12).

Mahfud MD mengaku sudah berkomunikasi langsung dengan Hendropriyono. Ia menyatakan dalam waktu dekat akan mengumpulkan kementerian dan lembaga terkait untuk menyelesaikan konflik bersenjata di Papua.

“Nanti dalam waktu dekat, tidak lama tidak akan lebih dari dua hari kami akan rapat lengkap untuk membahas segala masalah yang menyangkut langkah-langkah komprehensif,” jelas Mahfud.

“Komprehensif termasuk usulnya Pak Hendropriyono, usulnya Pak Mendagri, usulnya Bappenas, usulnya Menlu, semua kita tampung,” imbuhnya.

Hendropriyono sebelumnya meminta pemerintah untuk tidak menganggap enteng situasi saat ini di Papua. Ia juga meminta Mahfud dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto turun tangan dalam menangani konflik, usai dua prajurit TNI gugur dalam baku tembak di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, beberapa waktu lalu.

“Kita, saya harapkan bisa menyadari ini, seluruh komponen rakyat Indonesia. Kita tidak hanya bisa bersandar pada pemerintah eksekutif dan legislatif. Dan kita harapkan bahwa jajaran pemerintah, Polhukam, Pertahanan, semuanya kita ikut berpartisipasi permasalahan ini, jangan tenang-tenang saja,” kata Hendro, Senin (23/12).

Ia turut mendesak pemerintah bisa memasukkan Organisasi Papua Merdeka (OPM) dalam daftar teroris internasional.

Comments

News Feed