oleh

Mahasiswa Papua Se-Jabotabek Deklarasikan Dukung diberlanjutkanya Otsus di Papua

-Berita, Publik, Sosial-106 views

Kitorangpapuanews.com – MahasiswaPapua se-Jabotabek yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua menggelar deklarasi dan menandatangani naskah dukungan pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

Deklarasi dukungan terhadap pelaksanaan otsus tahap kedua di Papua itu digelar di Villa Griya Sae Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/12/2020).

Ahmad Bauw, salah seorang mahasiswa Papua S-2 PTIQ Jakarta mengatakan, Otsus Papua harus terus berlanjut mengingat dana Otsus sangat bermanfaat bagi masyarakat Papua, khususnya untuk bidang kesehatan, pendidikan, dan pembangunan infrastruktur.

‚ÄúDana Otsus harus terus berlanjut di Papua. Ini sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat ataupun mahasiswa Papua. Namun, dana itu harus dikawal, jangan sampai disalahgunakan oleh oknum tertentu,” ujarnya.

Lanjutnya, selain untuk menyejahterakan masyarakat Papua, dana otsus juga berdampak kepada keberlanjutan pembangunan di Tanah Papua. Terlebih, pembangunan pendidikan dan kesehatan sangat dibutuhkan di Tanah Papua.

“Otsus di Papua merupakan salah satu agenda penting dalam pembangunan bangsa dan negara. Perjuangan penyelenggaraan otsus menjadi solusi memajukan Papua dan Papua Barat,” tegasnya.

Dalam deklarasi tersebut, mahasiswa Papua menyatakan beberapa sikap, di antaranya berkomitmen mewujudkan pembangunan dan kemajuan Papua yang terus dijalankan oleh negara.

“Sejak digulirkannya Otsus dan Otsus jilid dua, kami terus mendukung Otsus jilid dua. Kami juga mengajak seluruh masyarakat Papua untuk menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Aliansi mahasiswa Papua juga mendukung keberlangsungan Otsus Papua,” jelasnya.

Selain deklarasi dukungan terhadap pelaksanaan Otsus Papua tahap kedua, dalam kesempatan itu juga digelar diskusi terkait Hari Korupsi dan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia.

News Feed