oleh

MAHASISWA & MASYARAKAT PAPUA DI YOGYAKARTA DEKLARASIKAN DUKUNG OTSUS UNTUK KEMAJUAN PAPUA YANG DAMAI

-Artikel, Berita, News-65 views

Kitorangpapuanews.com – Realitas perpolikan di tanah Papua telah menyita banyak energi yang begitu tinggi di kalangan aktivis. Sebagian kelompok di Papua menolak pemberlakuan Otsus Jilid II, tetapi tidak untuk mahasiswa dan pemuda Papua yang sementara berjuang dengan pendidikan mereka di kota Yogyakarta.

Sejumlah tokoh muda dan mahasiswa tersebut menyatakan terus mendukung pemerintah untuk melanjutkan Otsus demi masa depan Papua dan Papua Barat. Hal itu juga tertuang dalam deklarasi yang mereka suarakan.

Jhon Rumbay, tokoh pemuda Papua di Yogyakarta selaku pimpinan deklarasi mewakili mahasiswa Biak dan suku Saereri yang adalah salah satu dari 7 suku wilayah adat meminta pemerintah untuk melanjutkan Otsus bagi masa depan Papua dan Papua Barat.

“Kami mewakili adek-adek papua yang kuliah dan menempuh pendidikan di Jogya yang terdiri dari 7 suku, dan kami bagian dari Papua berasal dari biak merasa bangga dengan pemerintah RI dan kami bagian dari NKRI,” tegasnya.

Terkait kebijakan pemerintah pusat untuk pembangunan Papua dan Papua Barat dirinya menjelaskan, pemerintah dengan program Otsusnya sangat besar manfaatnya dan itu paling tepat untuk pembangunan dan kemajuan masyarakat papua secara menyeluruh demi masa depan Papua itu sendiri.

“Harapan kami bahwa program Otsus ini bisa menyentuh sampai masyarakat paling bawah bahkan ada  banyak mahasiswa Papua yang sekolah di Yogya tidak mendapat bantuan dari Pemda papua. Kami mewakili suku dari daerah biak sangat mendukung dengan Otonomi khusus untuk  papua agar dilanjutkan pada periode berikutnya,” jelasnya.

Menurut mereka, Otsus tetap berlanjut dan evaluasi khusus untuk Otsus yang telah berjalan serta Fokus penggunaannya untuk mendukung perbaikan kesehatan, pendidikan, maupun kesejahteraan di Papua dan Papua Barat.

Deklarasi tersebut dihadiri oleh perwakilan mahasiswa Uniani, perwakilan mahasiswa Akprind, dan perwakilan mahasiswa Janabadra.

News Feed