LSM HAM IMPARSIAL MEMUJI LANGKAH PEMERINTAH ATASI MASALAH NDUGA, PAPUA

oleh

Jakarta, Kitorang Papua – Langkah pemeritah Indonesia dinilai tepat dan sangat solutif. Masalah Papua adalah masalah yang tidak sekedar kriminalitas, ada banyak faktor yang mengakibatkan kejadian keji dan brutal terjadi di Nduga tempo hari lalu (2/12).

Mengutip pada pemberitaan yang di muat pada liputan6.com, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Imparsial mengapresiasi sikap Presiden Republik Indonesia yang lebih menekankan penangkapan Kelompok Kiminal Bersenjata (KKB) atau para pelaku pembantaian pekerja proyek Trans Papua ketimbang operasi militer.

“Perintah Jokowi dalam merespon Papua penting dicermati. Presiden meminta aparat mengejar dan menangkap pelaku. Artinya, Presiden menginginkan agar penanganan ini tetap dalam koridor hukum dan tetap sebisa mungkin menangkap para pelaku,” tutur Direktur Imparsial Al Araf di Kantor Imparsial, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis 6 Desember 2018.

Menurut Araf, langkah tersebut dapat lebih menguntungkan. Dengan tertangkapnya para pelaku, pemerintah dapat mengetahui secara mendalam terkait identitas kelompok, motif kekerasan, sumber persenjataan, hingga rentetan penyebab peristiwa itu terjadi. (*)