oleh

Legislator Papua Apeniel Sani: “Berkebun Bisa Jadi Alternatif Selama Masa Pembatasan Sosial

-Artikel-203 views

Kitorangpapuanews.com – Berkebun bisa menjadi salah satu alternatif pilihan masyarakat selama menjalani pembatasan sosial dalam rangka memutus penyebaran virus korona. Kebijakan pemerintah terkait pembatasan sosial ini memang tidak mudah untuk dijalani, apalagi bagi mereka yang masih dalam usia produktif, berdiam diri di rumah merupakan hal yang membosankan.

Anggota DPR Papua Apeniel Ezra Sani mengungkapkan, berkebun selain memberikan manfaat untuk menghalau kebosananan, dalam masyarakat asli Papua pun pada awalnya adalah masyarakat yang kesehariannya suka berkebun untuk daerah pegunungan dan suka melaut untuk daerah pantai.

Anggota DPR Papua Apeniel Ezra Sani (Foto : Dok Tiffanews)

“Dalam kondisi pandemik Covid-19 ini dengan segala pembatasan sosial baiknya kita mengisi waktu dengan berkebun. Sebab, dengan berkebun kita bisa mengendalikan emosi dan memulihkan kebugaran tubuh selama social distancing juga dapat mengatasi persoalan ekonomi rumah tangga,” kata Apeniel Ezra Sani melalui rilisnya yang diterima tiffanews, Sabtu (18/4).

Menurutnya, berkebun atau pun melaut adalah aktivitas yang menyenangkan dan memiliki banyak manfaat. Dengan berkebun kita bisa berolahraga, mendekatkan diri pada alam dan tanpa disadari hasil kebun nantinya dapat membantu perekonomian rumah tangga termasuk membangkitkan kembali kecintaan kita akan pangan lokal.

“Selama ini masyarakat Papua sudah dimanjakan dengan makanan-makanan siap saji, maka dengan berkebun saatnya kita kembali dengan tradisi dan pola makan makanan lokal yang lebih tinggi nilai gizi dan proteinnya,”bebernya.

Sani mengakui tidak mudah menjalankan aktivitas selama masa pandemik ini karena banyak pembatasan yang harus dipatuhi, tapi hal itu bukan berarti bahwa orang hanya duduk tanpa melakukan aktivitas.

Dalam hal bantuan dari pemerintah berupa bahan makanan kepada masyarakat, menurut Sani hal itu tentu baik untuk waktu tertentu tapi tidak dalam waktu yang panjang serba ketidakpastian. Orang pun akan bosan bila hanya menerima bantuan, tanpa memperolehnya dari hasil keringatnya sendiri.

“Dalam masyarakat Papua sejauh yang saya alami, bahwa menimkati hasil dari kerja sendiri dan dari alamnya sendiri merupakan kebahagian yang tak ada nilainya. Dalam keadaan pandemi saat ini mungkin baiknya kita kembali pada kebiasaan yang sudah mentradisi dalam masyarakat,” katanya.

Sani mengatakan selama pandemik ini, sebagai anggota DPR Papua, dirinya tetap memantau perkembangan yang terjadi dengan masyarakat dan pemerintah, menyampaikan pendapat kepada rekanannya di dewan, maupun tetap berkomunikasi dengan media. Semua itu ia lakukan dari rumah. Namun katanya, disela-sela rutinitas itu ia juga berkebun.

“Saya menghimbau kepada masyarakat Papua mari kita manfaatkan waktu di rumah, manfaatkan lahan tidur untuk menanam kebutuhan pangan sehari hari sebagai upaya ketahanan pangan keluarga kita,” katanya.

Politisi Partai Gerindra itu meminta supaya pemerintah juga dapat memotivasi masyarakat untuk menjalani aktivitas secara produktif salah satunya dengan berkebun atau melaut mencari ikan untuk masyarakat pantai.

“Pemerintah harus aktif memberi motivasi kepada masyarakat agar bisa kembali ke kebun untuk masyarakat di pegunungan, dan melaut untuk masyarakat pesisir. Bila ini dilaksanakan maka secara tidak langsung cita-cita akan kemandirian masyarakat dapat segera terwujud. jangan sampai masyarakat diminta untuk tinggal di rumah, tapi bingung apa yang harus dikerjakan,” ucapnya.

Meskipun begitu, kata Sani, tetap diperlukan kesadaran untuk lebih waspada akan penularan Covid-19 ini. Masyarakat tetap menjaga jarak, menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan serta mematuhi anjuran pemerintah sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona.

“Jangan berpikir bahwa virus ini tidak mungkin menjangkiti orang Papua, atau mengatakan bahwa Tuhan pasti melindungi orang Papua yang mana pandangan ini membuat orang menjadi bebas dan menganggap remeh. Justru Tuhan melindungi kita kalau kita hidup baik termasuk menjaga kesehatan kita,” tutupnya.

News Feed