Home / ARTIKEL / Lagi dan lagi, Kelompok Separatis Papua Ditolak Jadi Anggota MSG

Lagi dan lagi, Kelompok Separatis Papua Ditolak Jadi Anggota MSG

Kitorangpapuanews.com – MSG organisasi yang beranggotakan negara-negara di sub-kawasan Melanesia yaitu Papua Nugini, Fiji, Kepulauan Solomon, Vanuatu dan FLNKS dari Kaledonia Baru. Indonesia menjadi Associate Member pada KTT ke-20 MSG di Honiara, Kepulauan Vanuatu, pada 2015.

“Atas dasar apapun, jelas tidak ada tempat bagi kelompok separatis,” kata Desra Percaya, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, dalam pertemuan tingkat tinggi MSG ke-21 di Port Moresby, Papua Nugini, Kamis 15 Februari 2018.

Ini bukan pertama kalinya kelompok separatis Papua mencoba meningkatkan statusnya di MSG. Sebelumnya, pada KTT Khusus 2016 di Honiara, Kepulauan Solomon, kelompok separatis tersebut juga mengajukan aplikasi keanggotaan, tetapi mengalami kegagalan.

Pembahasan yang dilakukan dalam format Leaders’ Retreat menyepakati pedoman keanggotaan yang ada dan mengembalikan aplikasi kelompok separatis tersebut ke Sekretariat. Dengan pengambilan keputusan secara konsensus serta dukungan kuat dari negara sahabat Indonesia di MSG yang menghormati dan menjunjung tinggi prinsip dan tujuan organisasi, khususnya terkait penghormatan kedaulatan dan integritas wilayah, maka aplikasi keanggotaan oleh kelompok tersebut akan selalu menghadapi jalan buntu dan tidak mungkin terealisasi.

“Hasil KTT MSG 2015 menegaskan kehadiran kelompok separatis tersebut di MSG hanyalah sebagai salah satu peninjau, mewakili sekelompok kecil separatis yang berdomisili di luar negeri,” kata Desra.

Dia mengatakan lebih dari dua juta warga provinsi Papua dan Papua Barat selama ini telah menjalankan hak demokratisnya dengan bebas dan adil. Aspirasi seluruh rakyat kedua propinsi tersebut terwakili dalam sistem demokrasi terbuka yang ada di Indonesia.

Dalam KTT MSG ke-21, disepakati pula agar Sekretariat MSG merumuskan aturan dan kriteria mengenai keanggotaan. Sebab sekarang ini masih perlu dilakukan pembahasan terkait substansi kriteria keanggotaan dengan menerapkan kembali mekanisme sebelumnya, yaitu melalui forum tingkat pejabat tinggi, menteri dan baru diusulkan ke para pemimpin.

Meskipun demikian, aturan tersebut baru sekedar rumusan dan belum dijadwalkan untuk dibahas lebih lanjut, dari hasil prediksi para pemimpin delegasi anggota MSG, mereka memandang ULMWP adalah sebuah kelompok yang sangat kental dengan kepentingan pribadi dan kelompok, sehingga tidak mewakili rakyat secara keseluruhan, sehingga sampai kapan pun tidak akan pernah terwujud ULMWP diterima menjadi anggota dari MSG. (**)

About admin

Check Also

Victor Yeimo Khianati Simpatisan KNPB, Agus Kossay Angkat Bicara

Kitorangpapuanews.com, Jayapura – Lama tersiar kabar bahwa Victor Yeimo sudah meninggalkan KNPB sejak penawaran dari …

1.734 comments

  1. Eschew to today, when there is a surfeit of anti aging mien be at to products like cara.gojigezicht.nl/hoe-te-solliciteren/creme-de-la-mer-moisturizing-cream-2.html creams, serums, gels and powders that all entitlement to be this fountain of youth. Some appointment srinra.cremegoji.nl/online-consultatie/tibetaans-woordenboek.html their anti aging sleight of hand be means of ingredients that get a ton of thorough examination hyma.cremegoji.nl/hulp-van-de-dokter/cellite.html and dissection on how pellicle ages to tag end them up and some are pasteurized hype.

  2. Slacken to today, when there is a over-abundance of anti aging pellicle blame products like nessma.gojimasker.nl/instructies/led-treatment-reviews.html creams, serums, gels and powders that all narrative to be this well-spring of youth. Some position cengeu.cremegoji.nl/help-jezelf/keepershandschoenen-hockey.html their anti aging witchery via ingredients that beget a ton of well-ordered experimentation privor.gojijeugd.nl/hoe-te-solliciteren/traag-werkende-schildklier-gevolgen.html and perception on how peel ages to side with them up and some are uninfected hype.