oleh

Lagi!!! 1 Anggota TNI Jadi Korban Kekejaman KKB Di Intan Jaya

Kitorangpapuanews.com – Pada dasarnya penempatan dan penugasan personel TNI di seluruh wilayah kedaulatan NKRI adalah hak dan kewajiban Institusi TNI. Begitupun dengan di daerah Papua, sebagai bentuk kehadiran negara dalam rangka menjaga kedaulatan negara yang telah dimuat pada pasal 7 Undang-Undang No. 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia sebagai penegak kedaulatan negara.

Selaku alat negara dalam menjaga kedaulatan NKRI, personel TNI lagi-lagi menjadi korban dari aksi kekejaman Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Kelompok kriminal bersenjata (KKB)  kembali berulah dengan menyerang  anggota TNI.

Prajurit TNI bernama Praka Hendra Sipayung yang berasal dari Kodam Jaya yang tergabung dalam Satuan Tugas Aparat Teritorial (Satgas Apter) Papua, ditembak oleh KKB di sebuah kios di Kampung Mamba Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya, Jum’at (12/02/2021).

Kabar penembakan terhadap Praka Hendra Sipayung, telah dibenarkan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono.

“Memang benar korban ditembak di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Jumat, sekitar pukul 15.15 WIT”, ujarnya.

Saat kejadian, korban bersama rekannya sedang berbelanja di sebuah kios yang letaknya di depan Kodim Persiapan Sugapa dan tiba-tiba korban ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata pada saat berada di kios,

Praka Hendra Sipayung mengalami luka tembak pada bagian kepala dan setelah saat penembakan tersebut, pelaku langsung melarikan diri.

Korban sedang mendapat penanganan medis di puskesmas Bilgogai , Jum’at 12/02/2021

Saat ini korban tengah dirawat di Puskesmas Bilgogai, dimana rencananya korban akan diterbangkan ke Timika untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Namun upaya tersebut masih terkendala cuaca di sekitar lokasi.

Sungguh sangat ironis apabila kita lihat TNI selaku alat negara dalam menjaga kedaulatan NKRI malah selalu menjadi korban dan ada sekelompok orang yang malah menuding TNI sebagai penyebab lahirnya konflik, pengungsian dan pelanggaran HAM.

Padahal TNI sudah berkorban menjadi tameng negara untuk menjaga kedaulatan negara dari kelompok criminal bersenjata yang mempersenjatai diri secara ilegal dan melakukan pemberontakan terhadap kedaulatan negara yang sah.

 

News Feed