oleh

Kunjungi Vanue PON di Merauke, Menpora Optimis

-Olahraga-143 views

Kitorangpapuanews.com –  Tiba di Merauke dengan rombongan menggunakan pesawat Garuda Indonesia sekitar pukul 09.30 WIT. Istirahat sejenak, Mennpora langsung melakukan peninjauan Rusun di Perumahan Balai Jalan Nasional XXII Merauke. Kedatangan Menpora ini bertepatan dengan peringatan HUT Merauke ke-118. Setelah peninjauan tersebut, Menpora berkenan menerima dan menyaksikan karnaval bersama Bupati Merauke Frederikus Gebze di pelataran Kantor Bupati Merauke. Jika sebelumnya Menteri PMK dan dari Mabes Polri melakukan pengecekan venue cabang olahraga yang dipertandingkan di Kabupaten Merauke serta sarana pendukung lainnya, giliran Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali melakukan hal yang sama.

Kepada wartawan, Menpora menjelaskan, kedatangannya ke Merauke bersama dengan Ketua Harian KONI Pusat serta dari Kementrian Koordinator PMK untuk meninjau persiapan pelaksanaan PON XX.

‘’Karena Merauke ini merupakan salah cluster penyelenggaraan PON XX tahun 2020. Kita memastikan progres dari persiapan baik itu penginapan maupun venue,’’ katanya. Menpora menjelaskan bahwa pihaknya sudah datang ke salah satu tempat yang dipersiapkan untuk penginapan.

‘’Saya kira progresnya bagus karena pekerjannya jalan. Setelah ini kita akan lanjut meninjau venue dan juga untuk penginapan,’’ terangnya. Ditanya wartawan dengan waktu yang tersisa apakah sarana prasarana olahraga PON yang dibangun tersebut selesai sebelum pelaksanaan nanti, Menpora mengaku optimis.

‘’Kelihatanya begitu. Penginapan bisa terkejar. Tinggal venue bermotor dan Stadion yang akan saya lihat. Tapi informasinya sih venue progresnya juga bagus,’’ tandasnya. Menpora mengaku jika progres dari venue-venue tersebut sudah dilaporkan, namun dirinya ingin melihat secara langsung guna memastikan progres sesungguhnya.

‘’Rata-rata yang dibiayai APBD itu diperkirakan akan selesai Maret, sementara kalau ada yang APBN itu Juli. Jadi kita optimis Papua mampu melaksanakan PON XX,’’ jelasnya. Ditanya lebih lanjut informasi adanya 10 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di luar Papua, Menpora mengaku belum pasti. ‘’ Nanti kita komunikasi dengan PB PON, Pak Gubernur. kita diskusikan. Kita konsentrasi ke-37 cabang olahraga,’’ tandasnya.

Menpora juga meminta kepada Pemkab Merauke untuk melakukan persiapan. Dan masyarakat harus menjadi tuan rumah yang baik karena pesertanya bukan hanya dari Papua tapi dari 33 provinsi lainnya dan dari berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan. ‘’Tentunya masyarakat harus menjadi tuan rumah yang baik dengan mempersiapkan dengan baik serta jaga keramahannya supaya semua yang datang ke Papua merasa nyaman,’’ pungkasnya.

News Feed