oleh

Korps Brimob Pasukan Elit Paling Mematikan Yang Dimiliki Polri

-Artikel, Kriminal-2.618 views

Kitorangpapuanews.com, Jayapura – Berbicara tentang kontribusi para pasukan elit Indonesia terhadap keamanan dan kedamaian di Republik ini tidak bisa dipisahkan dari sepak terjang pasukan yang berjuluk Walet Hitam. Ya, Resimen Pelopor yang saat ini bernama Brigade Mobil Polri (Brimob) tercatat sudah melakukan banyak sekali berbagai tugas operasi penting.

Sesuai dengan Tugas Pokok Brimob yaitu melaksanakan dan menggerakkan kekuatan guna menanggulangi gangguan Kamtibmas berkadar tinggi, utamanya kerusuhan massa, kejahatan terorganisir bersenjata api, bom, bahan kimia, biologi dan radioaktif bersama unsur pelaksana operasional kepolisian lainnya, serta mewujudkan tertib hukum dan ketentraman masyarakat di seluruh wilayah yuridiksi Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tugas-tugas lain yang dibebankan kepadanya.

Beberapa tahun terkahir ini Satuan Elit Korps Brimob mendapat kehormatan untuk melaksanakan penugasan operasi melawan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Wilayah Provinsi Papua.

Setiap tahunnya, ratusan pasukan Brimob dari berbagai satuan diseluruh Indonesia dikerahkan untuk membantu Kepolisian Daerah (Polda) yang termasuk daerah rawan salah satunya Papua guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dari gangguan kelompok-kelompok kriminal bersenjata.

Maka dibutuhkan skill dan kemampuan tempur yang tinggi guna menghadapi gangguan keamanan dari KKB tersebut, sehingga pasukan Elit seperti Brimob yang saat ini dapat dikatakan sejajar dengan satuan elit Amerika SWAT dikirim ke Papua untuk membantu menciptakan keamanan dan ketertiban.

Namun tipologi wilayah Papua yang ektrim, tentunya tidak mudah bagi aparat termasuk Brimob untuk memberantas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tersebut, pasalnya KKB sudah sangat menguasai medan Papua yang dikatakan sangat ekstrim. (**)

News Feed