oleh

Kondusif Pasca Kontak Tembak TNI/POLRI dengan Separatis KKSB OPM di Intan Jaya Papua

-News-393 views

Kitorangpapuanews.com- Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyebutkan situasi di Kabupaten Intan Jaya mulai kondusif pasca adanya kontak tembak yang terjadi di Sugapa, Selasa (17/12).

“Saya monitor sejauh ini masih aman terkendali dan Selasa (17/12) memang ada kontak tembak. Tetapi data-data itu ada di Satgas. Mereka bergerak dengan tugasnya sendiri dan kami belum bisa memberikan data secara rinci,” ucap Kapolda Paulus Waterpauw kepada wartawan di Mapolda Papua, Rabu (18/12).

Sementara itu, Kepala Kesbang Kabupaten Intan Jaya, Otneal  Warwe juga membenarkan situasi di wilayahnya sudah kondusif. Namun pihaknya belum tahu pasti berapa jumah korban dalam kontak tembak tersebut.“Kami dengar ada dua korban,” ucapnya singkat. Saat disinggung apakah ada korban jiwa dari masyarakat, Otneal mengaku hingga saat ini pihaknya belum dapat informasi.

Sementara itu, data dari Puspen TNI menyebutkan dua prajurit TNI gugur dalam menjamin keamanan warga Papua yang akan merayakan Natal.

Satgas Gakum TNI bersama Polri sebelumnya beberapa kali mendapat informasi dari masyarakat Sugapa bahwa masyarakat yang sedang melaksanakan persiapan perayaan Natal mendapat gangguan keamanan berupa intimidasi, kekerasan fisik, perampokan, pemerkosaan dan perampasan serta penjarahan harta benda yang diduga dilakukan oleh KKSB OPM. Mereka diduga sebagai pelaku penembakan terhadap tiga pengendara ojek pada bulan Oktober 2019.

Menindaklanjuti laporan tersebut dan untuk melindungi keselamatan serta memberikan rasa aman kepada warga terutama menjelang perayaan Natal, Satgas Gakkum TNI bersama Polri meningkatkan kegiatan patroli pengamanan di tempat yang diduga menjadi basis kegiatan KKSB OPM.

Pada saat melaksanakan patroli keamanan, terjadi kontak tembak yang mengakibatkan dua prajurit TNI gugur yaitu Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda Rizky.

Pasca kontak tembak Satgas Gakum TNI-Polri terus melakukan pengejaran untuk menangkap KKSB OPM yang melarikan diri ke dalam hutan dan memastikan terjaminnya keamanan masyarakat menjelang perayaan Natal.

Secara terpisah Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto mengatakan jenazah almarhum Lettu Inf Erizal dan almarhum Serda Rizky Ramadhan,  Kamis (19/12) akan diterbangkan dari Timika ke kampung halamannya masing-masing.

 

News Feed