oleh

Kodam Cenderawasih Siagakan Pasukannya Menyusul Instruksi Presiden Kejar Perusuh

-News, Publik-531 views

Kitorangpapuanews.com – JAYAPURA – Kodam XVII/Cenderawasih menyiagakan pasukannya di Wamena dan Jayapura, Senin (30/9/2019). Hal ini menyusul intruksi Presiden Joko Widodo untuk melakukan pengejaran terhadap perusuh-perusuh yang belum tertangkap saat kerusuhan di Wamena, Papua.

“Ya walaupun saat ini tidak ada penambahan dan penebalan personel di Wamena, namun pasukan tetap bersiaga. Kodam saat ini fokus dalam pengamanan Wamena dan pengungsi, bukan tidak menjalankan instruksi Presiden. Pengejaran itu ranah kepolisian tapi kita tetap memback up mereka (Polisi),” kata Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto, Senin (30/9/2019).

Menurut Kapendam, saat ini kekuatan Pasukan Kodam yang tergelar di Wamena ada satu Batalyon organik yaitu Yonif 756/Wi Mane Sili (WMS) dan personel jajaran Kodim Jayawijaya.

“Memang saat ini ada dua Satuan Setingkat Kompi (SSK) Batalyon Infanteri Para Raider 501/Bajra Yudha Kostrad yang masih berada di Wamena. Pasukan ini sebelumnya mengikuti latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) disana dan belum ditarik ke kesatuanya. Pasukan ini juga tetap bersiaga,” timpal Kapendam.

Sementara untuk situasi di Ilaga Ibukota Kabupaten Puncak yang diteror oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB), Kodam XVII/Cenderawasih belum melakukan penambahan pasukan. (Baca: Diteror Kelompok Bersenjata Pemda Puncak Papua Ungsikan Warganya).

Padahal pada hari Senin ini (30/9/2019) Bupati Puncak Willem Wandik telah mengungsikan warganya ke Mimika serta ke markas Kepolisian dan militer.

“Untuk di Ilaga Kabupaten Puncak, Kodam belum melakukan penambahan pasukan. Belum ada instruksi penebalan pasukan. Namun disana ada Satgas Pamrahwan dari Yonif 751 yang merupakan organik Kodam XVII/Cenderawasih dan jajaran Kodim.

Kapendam menegaskan, situasi Papua, Wamena dan Jayapura relatif kondusif. Namun Kodam tetap siaga untuk mengantisipasi dan membantu dan membackup Kepolisian dalam menjaga kamtibmas.(Sindonews)

News Feed