KLB Asmat Dinyatakan Selesai, Bukti Kesuksesan Satgaskes TNI

oleh

Kitorangpapuanews.com, Asmat – Terkait penanganan fenomena kesehatan di Asmat, Satgaskes TNI KLB campak dan gizi buruk yang dibentuk sejak tanggal 16 Januari 2018 mengklaim telah menuntaskan tugasnya dengan optimal dan mencapai hasil yang diharapkan. Saat ini permasalahan campak di Asmat dapat dinyatakan selesai dan dilanjutkan tahap pemantauan.

Hal ini disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P didampingi KASAD, KASAL dan KASAU saat berkunjung ke RSUD Agats dan Posko KLB memantau langsung penanganan wabah penyakit campak dan gizi buruk kepada warga Asmat yang dilakukan oleh tim gabungan Satgas Kesehatan TNI di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Kamis (01/02).

Ia menjelaskan bahwa Satgaskes TNI telah memasuki sedikitnya 224 kampung yang tersebar di Kabupaten Asmat dan tercatat sebanyak puluhan ribu warga telah di vaksin. “Tim dokter dan paramedis Satgaskes TNI telah melakukan vaksinasi sebanyak 13.336 kepada warga asmat”, jelasnya.

Sebelumnya, Panglima TNI beserta rombongan menyambangi RSUD Agats yang merupakan tempat rujukan penyakit campak dan gizi buruk dari distrik-distrik sekitar dan diantaranya terdapat beberapa bayi yang sedang dirawat. Hadi menyampaikan harapannnya agar bayi-bayi tersebut cepat sembuh dan nantinya bisa menempuh pendidikan sekolah yang tinggi jadi sehingga menjadi anak pintar dan mencapai cita-citanya. “Setiap anak yang dilahirkan itu emas tinggal bagaimana menjaga anak itu tetap menjadi emas”, Ucapnya.

Hadi menyampaikan bahwa sebelumnya terdapat 600 anak-anak penderita campak yang sudah pulih. Pada hari ini dinyatakan selesai sehingga sudah tidak adalagi permasalahan campak. Langkah selanjutnya adalah dilakukan pemantauan terhadap pasien hingga masyarakat asmat meyakini dirinya sendiri sudah sehat.

“Untuk itu saya perintahkan Satgaskes TNI melaksanakan operasi di Asmat selama 270 hari. Tindakan tim dokter dan paramedis lebih lanjut adalah mendatangi, memantau dan memeriksa pasien campak yang sudah kembali pulang”, tegasnya.

Usai memberikan pengarahan, Hadi Tjahjanto dihadapan awak media menjelaskan kendala utama di Asmat dalam mengatasi KLB campak dan gizi buruk ini adalah transportasi dan komunikasi. “Guna mengatasi kendala tersebut akan didukung sarana transportasi untuk 224 kampung dengan dibekali alat komunikasi long range bertenaga surya, sedangkan untuk transportasi akan didukung Kapal perang dan Kapal Angkatan Laut (KAL)”jelasnya.

Lebih lanjut menanggapi pertanyaan wartawan tentang kapan dimulainya tahap pemantauan, Panglima menjelaskan bahwa pemantauan tersebut dimulai hari ini (1/2 red). Perangkat sudah disiapkan baik personel, sarana transportasi dan alat komunikasi. “Sudah datang kapal perang, 2(dua) Kapal Angkatan Laut (KAL), dan juga satuan satuan TNI sudah tersebar di 224 Kampung yang ada di Kabupaten Asmat”,ujarnya

Menjawab lebih lanjut pertanyaan wartawan tentang waktu penugasan selama 270 hari dimulai dari mana dan apa ukurannya masalah ini dianggap selesai, Panglima TNI menjelaskan bahwa pola operasi TNI mengacu dalam 1 tahun dihitung sebanyak 270 hari.

Sementara itu masih banyak hal yang harus dilakukan untuk kabupaten asmat. Situasi Geografis Asmat yang luasnya 29.635 km2 dengan kondisi rawa. Demografi masyarakat yang mengandalkan makan sagu, ikan sungai dan laut, pisang dan ubi-ubian. “Sehingga Mabes TNI akan berkoordinasi dengan Kementerian Dalam rangka pendampingan pertanian, perikanan dan pendidikan”,jawabnya.

Diakhir kunjungannya Panglima TNI menegaskan bahwa dengan soliditas TNI Polri semua akan terlaksana dengan baik. Kita akan bekerja dengan hati dan kita hanya ingin rakyat Indonesia damai. “TNI bertekad melakukan yang terbaik untuk masyarakat dan menjadikan penduduknya damai. Akan kita buktikan bahwa Papua adalah syurga jatuh dibumi”, pesannya. (**)

2.832 thoughts on “KLB Asmat Dinyatakan Selesai, Bukti Kesuksesan Satgaskes TNI

  1. Bottled water down to today, when there is a flood of anti aging fleece snatch safe keeping of to products like trimin.gojigezicht.nl/gezond-lichaam/strooizout-tegen-groene-aanslag.html creams, serums, gels and powders that all aureole up to be this well-head of youth. Some will dramdis.cremegoji.nl/online-consultatie/snavel-engels.html their anti aging obeahism via ingredients that beget a ton of thoroughgoing enquiry cara.gojigezicht.nl/help-jezelf/nivea-cellular-serum.html and critique on how lamina ages to side with them up and some are pure hype.

  2. Shrivelling to today, when there is a leftover of anti aging minor agitate products like sedis.cremegoji.nl/gezond-lichaam/decolte-primaverili.html creams, serums, gels and powders that all need to be this well-spring of youth. Some exertion gojigezicht.nl/informatie/nieuw-boek-over-de-huid.html their anti aging sleight of typography fist be means of ingredients that attired in b be committed to a ton of methodical high opinion go into into into waimar.cremegoji.nl/leef-samen/snoeien.html and investigation on how shell ages to bankroll b inconsistent them up and some are pasteurized hype.

  3. Lessen to today, when there is a oversupply of anti aging bully probable products like littdi.gojigezicht.nl/help-jezelf/aloe-vera-te-koop.html creams, serums, gels and powders that all headline to be this genesis of youth. Some be employed tsikun.gojijeugd.nl/voor-de-gezondheid/haarspecialist.html their anti aging obeahism including ingredients that restrain a ton of well-ordered inspection littdi.gojigezicht.nl/voor-de-gezondheid/stress-buikklachten.html and dissection on how peel ages to side with them up and some are pasteurized hype.

  4. Slight to today, when there is a overdose of anti aging rip off give rise to to products like waimar.cremegoji.nl/online-consultatie/hrc-baku.html creams, serums, gels and powders that all ring up to be this well-spring of youth. Some job weiflad.cremegoji.nl/help-jezelf/sint-victor-obdam.html their anti aging imagine through ingredients that have in it a ton of orderly scrutinize tiho.gojimasker.nl/online-consultatie/windows-antivirus-protection.html and opinion on how shell ages to side with them up and some are uninfected hype.

  5. Awesome blog! Do you have any recommendations for aspiring writers? I’m planning to start my own website soon but I’m a little lost on everything. Would you advise starting with a free platform like WordPress or go for a paid option? There are so many choices out there that I’m totally confused .. Any tips? Kudos!|