KKB MEMBANTAI PEKERJA PEMBANGUNAN JEMBATAN DI NDUGA, 31 DIKABARKAN TEWAS

oleh

Jayapura, Kitorang Papua – Pada hari Senin (3/12) sekitar Pukul 15.30 Wit telah terjadi pembunuhan terhadap para pekerja proyek Istaka Karya yang sedang membangun jembatan di Kali Yigi dan Kali Aurak. Dari informasi masyarakat bahwa pembunuhan terhadap para pekerja proyek Istaka Karya terjadi pada hari Minggu 2 Desember 2018 di Kali Yigi dan Kali Aurak Distrik Yigi Kabupaten Nduga.

Sebelumnya pada hari Sabtu tanggal 1 Desember 2018 sekitar pukul 20.30 Wit, Cahyo (Project Manager PT. Istika Karya paket pembangunan jembatan Habema-Mugi) mendapat telepon dari nomor yang biasa dipegang oleh Jhoni, koordinator lapangan PT. Istika Karya pengerjaan proyek pembangunan jembatan Habema-Mugi, akan tetapi tidak bisa dipahami maksud pembicaraan orang yang menelepon tersebut.

Berdasarkan informasi dari aparat pos pengaman bahwa 1 mobil strada yang membawa 15 orang pekerja proyek dari PT Istaka Karya sampai saat ini belum kembali ke Wamena.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H mengatakan bahwa saat ini personil gabungan TNI/Polri telah diterjunkan untuk mendatangi TKP dan melakukan pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Karena telah melakukan pembantaian terhadap 31 orang pekerja proyek dari PT Istaka Karya yang sedang membangun jembatan.

Kabid Humas Polda Papua mewakili Kepolisian Daerah Papua turut berduka cita atas meninggalnya para korban dan mengecam tindakan biadab yang tidak manusiawi dilakukan oleh KKB. KKB telah sering melakukan tindakan tidak manusiawi dari sebelum Pilkada, penyanderaan terhadap para guru dan tenaga kesehatan di Distrik Mapenduma Kabupaten Nduga.

Para pekerja tersebut membangun jembatan untuk menghubungkan suatu daerah guna memperlancar pembangunan, namun karena aksi tidak manusiawi KKB tersebut pembangunan jembatan menjadi terhambat. (*)