oleh

KKB Gunakan Masyarakat Sipil Sebagai Tameng Hidup Untuk Serang Pos Koramil Hitadipa Intan Jaya

Kitorangpapuanews.com – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melancarkan serangan ke Pos Koramil Persiapan di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Minggu (11/10).

“Hari minggu sekitar pukul 13.00 WIT, KKB memberikan tembakan ke arah Pos Koramil Hitadipa,” kata Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa.

Suriastawa mengklaim KKB memanfaatkan masyarakat sipil setempat sebagai tameng hidup, guna menyulitkan pasukan TNI memberi tembakan balasan.

“Terlihat jelas melalui teropong SPR-2 ada beberapa orang masyarakat dibawa tekanan KKSB harus tunduk pada perintahnya untuk ikut bergerak mendekati posisi Koramil,” ujarnya.

Dilaporkan, Pos Satgas Aparat Teritorial Koramil Persiapan Hitadipa ditembaki secara beruntun sebanyak dua kali oleh KKB dari arah ketinggian Kampung Balamai.

Menurut Suriastawa, KKB membawa masyarakat sipil sebagai tameng dengan tujuan menuding aparat TNI bilamana akhirnya terdapat korban.

“Melihat situasi itu, TNI hanya memberi tembakan tidak terbidik dengan harapan masyarakat yang dibawa tekanan KKB menjauh dari lokasi tersebut, supaya akan terlihat jelas mana KKB dan mana masyarakat,” jelasnya.

Hingga Pukul 15.30 WIT, lanjut dia, tidak lagi terdengar tembakan. Masyarakat yang dibawa oleh KKB juga sudah bergerak menjauh dari area Koramil Hitadipa.

Suriastawa memastikan tidak ada korban atau kerugian personel dalam peristiwa tersebut. Ia pun meminta agar KKB tidak lagi melibatkan warga sipil sebagai tameng.

“Kita harap KKSB menghentikan metode tameng hidupnya dalam melakukan aksinya,” tegasnya.

Ia menambahkan, Koramil Hitadipa disiapkan untuk membantu percepatan pembangunan di wilayah itu. Meski belakangan banyak pihak menyoroti pengerahan pasukan non organik di sana.

“Bila KKB terus mengganggu ketertiban dan keamanan di Hitadipa, secara tidak langsung akan menghambat kemajuan masyarakat, karena harus selalu siaga mangantisipasi aksi gangguan susulan KKB,” tutupnya. (KLd)

News Feed