oleh

KKB BERULAH LAGI, DUA WARGA SIPIL MENJADI KORBAN PENEMBAKAN

Kitorangpapuanews.com – Dua warga sipil yang berprofesi sebagai tukang ojek menjadi korban penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Wabogumbugapa Kampung Mamba Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya, senin (14/9).

Kepala bidang hubungan masyarakat kepolisian daerah Papua komisaris besar ahmad mustofa kamal membenarkan hal tersebut dengan menyatakan bahwa penembakan terjadi pukul 11.00 WIT di daerah wabogombugapa, kampung mamba, distrik sugapa.

Diketahui Korban yang bernama Laode Anas Munawir, 33 tahun, mengalami luka tembak di lengan tangan sebelah kanan. Sementara Fathur Rahman, 23 tahun, mengalami luka tembak di bawah pusar dan luka sayat di atas kening.

“Laporan awal, kedua tukang ojek di tembak setelah selesai mengantar penumpang tidak jauh dari lokasi,” ujarnya.

Menurut Kamal, korban yang pertama kali ditemukan warga sudah dalam kondisi meninggal.

Dari informasi, sebelum kedua tukang ojek terkena tembakan, masyarakat melihat kelompok bersenjata di sekitar jembatang gantung.

“Ada yang lihat pimpinan Kelompok bersenjata pimpinan Peni Murib di sekitar jembatan gantung dan tak lama kemudian tukang ojek lewat dan ditembak,” jelasnya.

Masyarakat kemudian melaporkan peristiwa itu kepada polisi.

“Piket siaga Posko Ilaga Satgas Gakkum Operasi Nemangkawi menerima laporan kejadian itu lalu menindaklanjuti dengan melakukan evakuasi Kedua korban menggunakan pesawat Rimbun Air bernomor lambung DHC6-400/PK-OTJ ke Timika,” jelasnya.

Tim gabungan TNI-Polri juga langsung melakukan pengejaran terhadap kelompok bersenjata tersebut.

Barang bukti yang diamankan petugas diantaranya satu buah proyektil yang diduga merupakan proyektil dari senjata api laras panjang yang digunakan untuk menembak korban oleh KKB.

“Saat ini aparat gabungan TNI-Polri masih melakukan pengejaran terhadap para pelaku yang merupakan KKB,” tegasnya.

Kejadian ini menambah daftar panjang kekerasan yang dilakukan oleh KKB terhadap warga sipil di wilayah Papua.

Kamal merinci ada sebanyak 46 kasus kekerasan yang dilakukan oleh KKB termasuk 31 kasus kontak tembak dengan TNI-polri  sepanjang tahun 2020  ini telah menelan korban meninggal dunia sebanyak 9 orang dan korban luka sebanyak 23 orang.

News Feed