KITORANG PATUT BANGGA KOTA JAYAPURA SEBAGAI KOTA RAMAH ANAK

oleh

Hasil gambar untuk Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia,Kitorangpapuanews.com – Wamena – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia, Yohana Yambise mengungkapkan, hanya Kota Jayapura yang mendapatkan pengharagaan kota ramah anak.

Menurutnya, dari 29 Kabupaten Kota yang ada di Papua, Kota Jayapura yang telah memenuhi 24 indikator kota layak anak.

“Hanya kota Jayapura yang terima pengharagaan Kota ramah anak dan tahun lalu saya berikan sedangkan untuk tahun ini tidak ada,” kata Yohana Yembise.

Menurutnya, untuk mencapai sebutan kota ramah anak, ada 24 indikator yang harus dicapai oleh Kabupaten Kota yang ada di Papua, diantaranya semua anak harus memiliki akte lahir, semua anak harus bisa sekolah, kretaif dan taman bermain untuk anak harus ada.

“Saya minta agar pemerintah daerah harus bisa memperhatikan hal ini,” kata Yohana Yembise.
Diakui, untuk wilayah Papua, pencanangan kota ramah anak sudah dilakukan di beberapa Kabupaten, diantaranya Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Manokwari, Raja Ampat dan juga Kabupaten Jayawijaya.

Khusus untuk Jayawijaya, Yohana Yembise mengakui, dirinya telah berkoordinasi dengan Sekda Jayawijaya dan kedepannya akan dilakukan pencerahan dan sosialisasi dengan beberapa Bupati yang ada di gunung dalam upaya menindaklanjuti program kota ramah anak.

Menurutnya, dalam mewujudkan kota ramah anak, diperlukan dukungan dan keterlibatan semua pihak, sehingga program perwujudan kota layak anak dapat terwujud.