oleh

‘Kitorang Anak Papua Siap Mengabdi untuk Negeri’, Pertamina Rekrut 44 Putra-putri Asli Papua

-Berita-389 views

Kitorangpapuanews.com – “Hari ini sudah lebih dari 300 orang yang kerja di Pertamina dan anak perusahaan. Kami akan tambahkan lagi tahun ini target 100 orang, tadi yang sudah masuk 44 dan sisanya dalam progres. Nantinya tidak hanya ditempatkan di Papua dan Papua Barat, tapi juga di seluruh Indonesia,” kata dia dalam acara bertajuk ‘Kitorang Anak Papua Siap Mengabdi untuk Negeri’ di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Sabtu (22/2).

PT Pertamina (Persero) menerima 44 pekerja baru asal Papua dan Papua Barat dalam rangka menyukseskan Program Perekrutan Bersama (PPB) BUMN 2020. Kehadiran mereka akan melengkapi keseluruhan warga Papua yang sudah bekerja lama di Pertamina sebanyak 300 orang.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, perekrutan putra-putri asal Papua dan Papua Barat untuk Pertamina tak hanya sampai di sini. Ke depannya, perusahaan akan merekrut lagi agar semakin banyak kesempatan orang Papua bekerja di BUMN perminyakan.

Acara inaugurasi atau pelantikan SDM BUMN tersebut merupakan Program Perekrutan Bersama (PPB) SDM untuk BUMN dari Papua dan Papua Barat yang dilaksanakan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN dan juga rangkaian dari Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara di Pusdikzi (Pusat Pendidikan Zeni TNI Angkatan Darat) di Bogor.

Pelantikan resmi SDM baru BUMN ini dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Tohir, Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin, Direktur SDM Pertamina Koeshartanto. Selain itu, ada juga Direktur Pengembangan Masyarakat PT Freeport Indonesia Claus Wamafma dan Ketua Forum Human Capital Indonesia Herdi Harman. Claus merupakan putra pertama Papua yang menjadi Direktur PTFI.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan, sebagai BUMN Migas yang menyediakan layanan terintegrasi dari hulu hingga hilir yang wilayah operasinya tersebar di seluruh wilayah Indonesia, Pertamina sangat berkepentingan untuk mendapatkan SDM yang memiliki kompetensi yang baik dari berbagai wilayah termasuk Papua dan Papua Barat. Untuk itu, Pertamina telah menerima 44 orang Putra Putri dari wilayah kepala burung tersebut dan mendatangkan mereka dalam pelantikan.

“Sebagai SDM baru yang telah melalui proses seleksi ketat dan berjenjang, mereka akan menjadi darah segar bagi operasi Pertamina untuk mengabdi pada bangsa melalui sektor energi dan tentu siap di tempatkan di mana saja termasuk di wilayah terjauh Indonesia,” ujar Fajriyah.

Melalui rekrutmen bersama SDM BUMN oleh Forum Human Capital Indonesia ini, BUMN ikut mendukung pemerataan kesempatan kerja bagi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia, termasuk dari Papua dan Papua Barat. Demikian halnya dengan Pertamina, sebagai energi penggerak kemajuan bangsa, perusahaan akan terus menyiapkan SDM, khususnya SDM yang akan bekerja dalam penyediaan energi nasional. Langkah ini juga merupakan wujud peran BUMN untuk mendukung program pemerintah menciptakan SDM Unggul Indonesia Maju, yang telah dicanangkan Presiden sejak 2019 lalu.

“Kolaborasi dalam rekrutmen SDM BUMN akan membangun pemahaman yang sama sebagai perusahaan nasional yang harus melayani masyarakat dan mengutamakan kepentingan nasional,” pungkasnya.

Ketua Forum Human Capital Indonesia Herdi Harman mengatakan, PPB BUMN adalah salah satu program FHCI untuk menyeleksi anak-anak muda bekerja di BUMN. Program ini menjadi talent pool yang bekerja sama dengan universitas di Indonesia. Kata dia, khusus untuk Papua, sesuai dengan amanat presiden, akan diberikan kesempatan lebih banyak.

“Tahun ini target 1.000, lulus 522 di 51 BUMN atau 52 persen dari target. Selain itu peserta bela negara ada 333 peserta dari 37 BUMN. Nanti kita akan adakan lomba inovasi, karena branding yang mau kita bangun bahwa BUMN itu lingkungannya dinamis, creative and fun. Jadi budaya kreatif saya harapkan ada di BUMN,” ucapnya.

News Feed