oleh

Kisah Perjalanan Pembangunan Jembatan Youtefa di Jayapura, Papua.

-Artikel-345 views

Kitorangpapuanews.com – Pembangunan infrastruktur menjadi prioritas utama pada periode pertama pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Saking seriusnya, Jokowi bahkan mereformasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan memangkas belanja subsidi dan dialihkan kepada anggaran produktif belanja modal salah satunya untuk sektor satu ini.

Pada 2015, anggaran infrastruktur dalam APBN adalah sebesar Rp 256,1 triliun, kemudian pada 2019, anggaran untuk sektor ini naik hingga 62% menjadi Rp 415 triliun.

Tak heran, sebab pembangunan sektor ini digenjot nyaris di seluruh penjuru negeri dari Sabang hingga Marauke.

Dari total 223 proyek dan 3 program pembangunan infrastruktur yang terdaftar dalam Proyek Strategis Nasional (PSN), lebih kurang 48 proyek di antaranya sudah beroperasi pada akhir 2019 ini.

Salah satu yang menjadi kebanggaan Jokowi adalah Jembatan Youtefa di Jayapura, Papua.

Presiden Jokowi meresmikan jembatan Youtefa per 28 Oktober 2019 silam.

Pasca-diresmikan, maka jembatan Youtefa siap dioperasikan sekaligus sah menjadi ikon baru Kota Jayapura. Jokowi berharap jembatan ini dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saya minta masyarakat dapat menjaga kebersihan dan keamanan Jembatan ini, karena jembatan ini dibangun untuk kepentingan masyarakat,” ujar Presiden Jokowi dalam pidato peresmian jembatan Youtefa itu, Senin (28/10/2019).

Sebab diresmikan di hari Sumpah Pemuda ke-91, jembatan ini pun dianggap menjadi simbol bangkitnya Indonesia karena berhasil mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur hingga ke timur Nusantara.

“Kedatangan saya di Papua saat ini merupakan ke-13 kali dan kita bertekad untuk membangun Papua yang lebih maju,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, presiden meminta seluruh masyarakat Papua memupuk kebersamaan dalam membangun Papua yang lebih maju baik infrastruktur maupun sumber daya manusia.

 

News Feed