KISAH MEMBANGGAKAN TODD FERRE UNTUK TIMNAS INDONESIA

oleh

Jakarta, Kitorang Papua – Papua memang tak pernah kehabisan stok pemain berkualitas. Mulai dari Elie Aiboy, Boaz Solossa, Titus Bonai, hingga era Osvaldo Haay. Namun, siapa sangka kini Bumi Cenderawasih bakal memiliki idola baru calon aset masa depan bernama Todd Rivaldo Ferre.

Siapa yang tidak kenal dengan Todd Rivaldo Ferre? Pemain mungil itu sempat melambungkan namanya ketika membela Timnas Indonesia U-19 di Piala AFC 2018 lalu.

Postur tubuhnya sebenarnya tidak ideal untuk ukuran pesepak bola profesional yang tak sampai 160 cm. Namun, pada kenyataannya hal itu dimanfaatkan Todd untuk bisa mengelabui lawan.

Ayahnya seorang mantan pesepak bola yang pernah memperkuat Persidafon Dafonsoro, Agustinus Ferre. Nama yang mungkin asing di telinga karena pada era 1990an, Agus, sapaan akrab Agustinus Ferre, hanya menjadi pemanis bangku cadangan Persidafon.

Meski demikian, Agus secara tidak langsung mengenalkan sepak bola pada putranya, Todd, secara tidak langsung. Saban tiap hari, Todd kecil turut mengantarkan sang Ayah berlatih hingga akhirnya pensiun.

Selepas gantung sepatu, Agus akhirnya membuka Sekolah Sepak Bola (SSB) bernama Immanuel di Sentani, Papua. SSB yang menjadi awal tempat menimba ilmu seorang Todd Rivaldo Ferre.

Perjuangan sang putra daerah untuk menjadi pesepak bola profesional tidak diraihnya begitu saya. Pejuangan dan banjir keringat akhirnya mengantarkan Todd menembus skuat Persipura Jayapura pada 2018.

Sebelumnya, Todd sudah membuktikan kualitasnya bersama Persipura U-19 yang jadi pintu kariernya menuju Timnas Indonesia U-19. Pelatih Indra Sjafri tak salah memasukkan nama Todd dalam skuat Piala AFC 2018.

Meskipun hanya menjadi pilihan kedua, namun ketika dipercaya bermain Todd memberikan kemampuan maksimal miliknya. Torehan 3 gol pun sudah cukup menjelaskan pemain yang memiliki zodiak Virgo itu.

Seperti apa perjuanganseorang Todd Rivaldo Ferre untuk menjadi pesepak bola profesional? Berikut ini petikan wawancara eksklusif yang mengutip pada Bola.com dengan Todd yang jadi Mutiara Hitam Aset Bumi Cendrawasih pada Jumat (18/1):

Ambisi Membanggakan Papua

Bagaimana Anda awalnya mengenal sepak bola?

Pertama mengenal sepak bola itu karena Bapak. Beliau mantan pemain Persidafon Dafonsoro, di tempat saya tinggal yakni di Sentani. Semenjak saya SD sudah senang bermain bola.

Saya juga sering menonton Bapak bertanding. Akhirnya, saya memutuskan untuk menjadi pemain bola.

Sejak kapan Anda mulai serius menekuni karier sebagai pesepak bola?

Saya mulai serius bermain sepak bola ketika kelas 3 SD. Kebetulan Bapak mendirikan Sekolah Sepak Bola (SSB) bernama SSB Imanuel. Akhirnya saya ikut latihan di SSB itu sampai SMP.

Puji Tuhan ketika SMP kelas 3 saya ikut seleksi Pertamina Soccer School dan akhirnya lolos. Sempat sekolah di sana selama satu tahun. Kemudian kembali lagi ke Papua dan bermain di PPLP Papua. Itu jadi pintu masuk saya akhirnya bergabung dengan Persipura Jayapura.

Anda dikenal sebagai pemain yang memiliki kecepatan dan ketangguhan fisik. Apa rahasianya?

Di sana geografisnya masih hutan dan alamnya masih berbukit-bukit. Kebanyakan orang yang tinggal di pegunungan pergi ke sekolah dengan berjalan kaki. Jadi fisiknya kuat-kuat.

Kebetulan, tempat tinggal saya juga masih di daerah pegunungan. Jadi ya kami terbiasa jalan jauh sehingga fisiknya kuat. Itu jadi rahasia saya punya kecepatan di lapangan.

Anda pernah bermain di Timnas Indonesia U-19 bersama Indra Sjafri. Adakah perbedaan gaya atau metode latihan saat ini di Timnas Indonesia U-22?

Menurut saya, sama saja. Itu jadi alasan saya nyaman dan gampang beradaptasi dengan keinginan pelatih.

Anda ketika di Timnas Indonesia U-19 lebih sering duduk di bangku cadangan. Apa yang ingin Anda buktikan di Timnas Indonesia U-22 ini?

Ya betul, saya ingin memberikan yang terbaik di lapangan. Saya ingin menjadi pemain inti yang tidak hanya sekadar dimainkan karena alasan tertentu.

Apakah impian terbesar yang ingin Anda wujudkan bersama Timnas Indonesia U-22?

Saya ingin memberikan yang terbaik di Timnas Indonesia U-22 dan juga klub nanti demi memajukan daerah asal. Di Timnas U-19 kami cuma sampai babak delapan besar, jadi di sini dengan tiga event yang ada ingin memberikan yang terbaik kalau bisa juara.

 

Biodata  singkat Todd Ferre

Nama: Todd Rivaldo Albert Ferre

Tempat/Tanggal Lahir: Sentani, Jayapura, 15 Maret 1999

Orang Tua: Agustinus Ferre/Rosita Yolanda Manggi

Klub: Persipura Jayapura

Klub Favorit: Persipura Jayapura dan Barceloa

Pemain Favorit: Philippe Coutinho (*)