KETUA KNPI, “PEMUDA PAPUA HARUS MENJADI DUTA DAMAI DEMI KESATUAN INDONESIA”

oleh

Jayapura, Kitorang Papua – Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Papua, Albert G. Wanimbo , mengatakan dirinya sangat menjunjung tinggi pluralisme dan berkomitmen menggalakkan kekuatan untuk mempersatukan pemuda Papua dalam bingkai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

“KNPI adalah tempat kita mempersatukan pemuda Papua untuk membangun dalam bingkai NKRI,” ungkap Albert.

Selain itu, Albert Wanimbo juga mengatakan pemuda harus menjadi duta damai, keadilan, dan saling bersilaturahmi satu dengan lainnya. Semua ini untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Saya merasa hal ini sangat penting. Sebab saya Gusdurian sejati. Sehingga, ketika kami menyadari semua itu. Orang tidak akan bertanya apa agamamu apa sukumu atau apa rasmu,” katanya.

Lanjut Albert, berangkat dari pemikiran mengenai pluralisme dan keberagaman maka pemuda harus bersatu. Jangan saling membedakan hanya karena perbedaan tersebut, baik karena ras, suku, maupun agama. Albert mencontohkan dengan kegiatan Natal.

“Jikalau ada event yang diselenggarakan oleh teman-teman Kristen, maka agama lainnya harus masuk dalam kepanitiaan. Begitupun sebaliknya apabila teman teman Islam, Kong Hu Cu, Hindu, atau Budha melaksanakan sebuah event maka pemuda Kristen harus terlibat,” katanya.

Sebagimana telah diketahui, Panitia Natal 2018 KNPI Papua, adalah pemuda Kristen. Sekretarisnya Muslim dan anggota panitia yang lain diisi anggota dengan keyakinan beragam.

Sementara itu, tokoh muda Jayapura, Saharudin, mengatakan pentingnya pemuda untuk belajar dan memahami soal keberagaman dan toleransi.

“Karena nilai dari kelima sila Pancasila harus dipraktikkan oleh pemuda. Sebab jika pemahaman tuntas maka tindakan kita bertoleransi dan menjaga pluralisme juga tuntas,” katanya. (*)