oleh

Ketua Harian PB PON XX Papua Progres Tiga Venue Tambahan Rampung Tepat Waktu

Kitorangpapuanews.com – “Jika untuk penyelenggaraan secara keseluruhan untuk pelaksanaan PON XX Papua tahun 2020, mencapai sebesar Rp2,4 triliun lebih. Kami sampai hari ini dana yang diberikan kepada PB PON XX Papua dari pemerintah hingga mencapai Rp2,4 triliun lebih,” ungkap Yunus di Kota Jayapura belum lama ini.

Ketua Harian Besar Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua, Yunus Wonda menyampaikan dengan berkurangnya jumlah cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dalam PON XX papua, pihaknya tetap melakukan rasionalisasi anggaran agar tercover dengan baik. Menurut Yunus, saat ini PB PON XX Papua telah mengajukan anggaran dana sebesar Rp2 triliun lebih pada pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua tahun 2020.

Menurut Yunus, hal itu menjadi kerja keras bagi PB PON XX Papua terutama bidang-bidang, termasuk pemerintah daerah untuk berupaya mencari sumber – sumber anggaran yang lain. Sebab, kemampuan anggaran Pemprov Papua terbatas.

“Sehingga sisanya harus dicari untuk mengakomodir semua.Jadi, itu untuk penyelenggaraan PON XX Papua tahun 2020, bukan pembangunan infrastruktur, tapi untuk penyelenggaraan. Itu sudah disusun,” ujar Yunus.

Yunus juga mengatakan, jika dana yang terbanyak dialokasikan pada konsumsi dan akomodasi, termasuk peralatan penunjang. “Kalau transportasi tidak signifikan karena transport rata-rata langsung dari Menteri Perhubungan yang sudah menyumbangkan,” katanya.

Jadi, kata Yunus, pihaknya minta agar di hitung ulang lagi atau rasionalisasi supaya semua terhitung dan ada rasionalisasi. “Memang kami di PB PON XX Papua dari seluruh bidang akan naik ke PB PON XX Papua. Kemudian kita bertemu dengan pemerintah untuk duduk melakukan rasionalisasi, setelah itu baru serahkan ke Ketua Umum PB PON Papua selaku gubernur. Jika memang disetujui dana itu, baru itu bisa dipakai untuk penyelenggaraan,” katanya.

Ketua Komisi V DPR Papua, Kamasan Jack Komboy mengakui memang PB PON XX Papua mengajukan anggaran Rp 2,4 triliun lebih untuk penyelenggaraan PON XX 2020.“Kami sudah rapat dan berkembang ada anggaran yang sudah ditetapkan sekitar Rp2 triliun lebih untuk penyelenggaran PON di Papua,” katanya.

“Kami sudah menyepakati ke depan setiap bulan akan menanyakan progresnya agar PB PON XX Papua terus menyampaikan. Kami harus gerak terus, karena apa yang dinantikan selama 4 tahun dan memasuki tahun kelima pada penyelenggaraan, 20 Oktober 2020 nanti,” jelas Jack.

Untuk itu, kata Jack, pihaknya berharap dengan anggaran yang diberikan, meski menurut PB PON XX Papua akan terjadi perubahan, namun ia berharap itu dirasionalisasi sehingga diketahui angka pastinya.

News Feed