oleh

Ketua FKUB Papua Imbau Warga Tidak Menolak Pemakaman Jenazah Covid-19

-Artikel, News, Publik-133 views

Kitorangpapuanews.com -Kota Jayapura – Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua, Pendeta Lipius Biniluk, mengimbau kepada masyarakat agar tak menolak proses pemakaman jenazah pasien positif Covid-19.

“Di Alkitab itu sudah jelas lebih baik kita ke tempat duka dari pada ke pesta, berarti jelas orang yang meninggal itu berharga. Penting sekali untuk kita layani dengan baik, walaupun tak kumpul,” jelasnya usai melakukan sosialisasi kepada masyarakat, di Kota Jayapura, Sabtu, 11 April 2020.

Menurut Lipius, Tuhan saja mengapresiasi orang yang hadir di pemakaman atau di keluarga duka. Jenazah ini manusia yang sudah tak hidup lagi. “Jadi saya sendiri tolak jika ada warga persulit proses pemakaman jenazah pasien positif Covid-19. Apalagi proses pengkuburanya sudah sesuai dengan SOP yang ada, jadi apa yang harus dikhawatirkan masyarakat,” ungkapnya.

Lipius juga menyampaikan, pasien yang positif Covid-19 ini bukanlah sebuah aib, itu penyakit atau wabah. “Ini adalah musibah yang dialami seluruh dunia,” katanya.

Lipius juga mengatakan, bagi masyarakat jika mendengar ada tetangga saudaranya atau siapapun kena positif Covid-19, jangan langsung menyampaikan dan disebarkan kemana-mana, itu tak boleh. “Lebih baik diam di rumah, bedoa untuk dia dan keluarganya. Ini penting, serta jangan terlalu ketakutan berlebihan,” terangnya.

Lipius menilai, penyakit itu seperti burung yang hinggap dimana-mana melalui kontak fisik. “Untuk itu pemerintah sudah katakan jangan berkumpul-kumpul, selalu mencuci tanggan, selalu pakai masker, kita harus turuti itu,” bebernya.

News Feed