oleh

Kepala BIN : Keamanan PON-Peparnas Papua Bisa Dijaga

-Artikel, Berita-689 views

Kitorangpapuanews.com – Dari pemetaan yang dilakukan oleh BIN, BG mengungkapkan ada sejumlah potensi kerawanan keamanan. Namun, BG mengatakan BIN telah melakukan operasi pencegahan dengan memotong potensi tersebut.

“Bahwa karena rencananya PON ke 20 nanti juga dihadiri oleh beberapa kepala negara dan juga duta besar, disamping atlet, juga official. Dengan ada 4 wilayah yang melaksanakan pertandingan ini, di Jayapura kota, Jayapura kabupaten, di Mimika dan Marauke,” kata Budi Gunawan (BG) usai rapat gabungan di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan mengungkapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) ke XVI akan dihadiri sejumlah kepala negara dan duta besar. Untuk lokasi PON dan Peparnas akan dilaksanakan di kota-kabupaten Jayapura, Mimika, dan Marauke.

“Maka dari deteksi dan pemetaan ada beberapa potensi kerawanan yang sudah kita lakukan operasi gabungan dalam rangka untuk mencegah kemudian memotong potensi-potensi tersebut agar lebih tidak menjadi gangguan yang nyata,” ujarnya.

Selain itu, BG mengatakan BIN telah melaksanakan operasi gabungan dengan TNI-Polri. BG memprediksi keamanan Papua jelang PON dan Peparnas bisa dijaga dengan pola pengamanan terbuka dan tertutup.

“Secara umum, dari BIN kemudian TNI dan Polri telah melaksanakan operasi gabungan, baik operasi intelijen, operasi pemulihan keamanan dan menjaga stabilitas keamanan,” ucap BG.

“Sampai dengan saat ini dan prediksi ke depan keamanan bisa kita jaga dan tentu ada pola-pola sistem pengamanan baik itu terbuka-tertutup, termasuk waskita yang kita lakukan karena ada kunjungan kehadiran dari beberapa kepala negara khususnya di negara-negara Asia-Pasifik,” imbuhnya.

Seperti diketahui, PON akan dilaksanakan mulai tanggal 20 Oktober sampai 2 November 2020. Sebanyak 37 cabang olahraga yang dipertandingkan.

News Feed