oleh

Kemenpora akan Berkantor di Papua Mulai Pekan Depan, Persiapan Penyelenggaraan PON XX

-Olahraga-178 views

Kitorangpapuanews.com – Zainudin menyebut Presiden Joko Widodo ingin penyelenggaraan PON ke-20 Papua sukses. Untuk memudahkan persiapan penyelenggaraan PON,  Zainudin ingin mempermudah komunikasi pemerintah kota dan kabupaten yang terlibat dalam penyelenggaraan PON Papua 2020. Ia pun akan menunjuk utusan untuk berkantor di sana. “Nanti mereka yang akan melaporkan, ada yang perlu diputuskan, ada yang perlu keputusan cepat dari para menteri nah itu akan kita lakukan,” jelas politikus Golkar itu.

“Bahkan khusus untuk Kemenpora, kami akan bikin kantor sementara di sana (Papua) untuk pendampingan kepada Panitia PON,” kata Zainudin di stadion Mandala, Karang Panjang Ambon, Rabu (5/2/2020).

Kementerian Pemuda dan Olahraga akan berkantor untuk mempersiapkan pelaksanaan Pesta Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Papua. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali akan berangkat bersama kementerian dan lembaga terkait pekan depan.

Oleh karena itu koordinasi seluruh pihak terkait harus ditingkatkan. “Karena arahan Pak Presiden kita harus sukses laksanakan PON di Papua dan kita harus  memperlihatkan kepada dunia internasional bahwa Papua sama dengan provinsi-provinsi lain di NKRI,” jelas Zainudin.

Pembangunan fasilitas penunjang di Mimika telah selesai. Pembangunan fasilitas itu telah dilakukan sebelum Papua ditetapkan sebagai tuan rumah, Meski begitu, masih ada beberapa fasilitas yang harus direnovasi. Menurutnya, pembangunan sejumlah fasilitas pendukung yang dibiayai anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Papua,  akan rampung pada Maret 2020.

Sedangkan fasilitas yang dibiayai anggaran pendapatan belanja negara (APBN) rampung pada Juli 2020. “Jadi memang ada waktu, kalau masih ada yang kurang-kurang masih bisa sempurnakan dan kita berkoordinasi terus,” jelas Zainudin.

Papua menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON ke-20. Perhelatan olahraga terbesar di Indonesia akan digelar pada 20 Oktober-2 November 2020.

News Feed