Kelompok TPN-OPM Menjarah Pendulang Emas Tradisional

oleh

Kitorangpapuanews.com, Mimika – Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, kelompok TPN-OPM yang mengklaim telah menguasai Kampung Utikini dan sekitarnya di Kabupaten Mimika, Papua, berdasarkan laporan sering merampas paksa uang para pendulang emas tradisional di sekitar kawasan itu.

“Yang jelas mereka sudah mengambil uangnya warga, informasinya uang dari para pendulang emas yang diambil,” kata Irjen Boy saat menjawab pertanyaan wartawan ketika dihubungi melalui telepon, pada Jumat (10/11).

Disinggung soal video kekerasan yang dilakukan oleh Kelompok TPN-OPM di Kampung Utikini yang kini menjadi viral di media sosial, Kapolda berpendapat bahwa video tersebut adalah video terbaru dan merupakan gambaran dari aksi kekerasan yang dilakukan oleh kelompok TPN-OPM.

Selain melakukan penjarahan dan perampokan, Kelompok TPN-OPM juga dikabarkan telah merusak akses Jalan Utama antara Kampung Utikini dan Kampung Longsoran dengan cara membuat parit sepanjang 400 meter. Kelompok TPN-OPM juga sering mengeluarkan tembakan, sehingga mengakibatkan warga yang disandera menjadi ketakutan dan tidak ada satupun dari sandera yang berani kabur apalagi melawan. (**)