KEJURDA BASKET, AJANG SELEKSI DAN UJI COBA SIMULASI PON XX

oleh

Timika, Kitorang Papua – Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Papua mulai menjaring atlet untuk mewakili Papua pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2020 melalui Kejuaraan Daerah (Kejurda).

Kejurda Bola Basket Papua 2019 digelar di Mimika Sport Complex (MSC), Kabupaten, Mimika, Selasa (21/1). MSC merupakan sarana olah raga yang dibangun PT. Freeport Indonesia.

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Papua, Ribka Haluk, mengatakan Kejurda ini merupakan ajang seleksi atlet bola basket dari seluruh kabupaten/kota.

Atlet putra dan putri yang nantinya terseleksi akan segera direkomendasikan ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua untuk selanjutnya mengikuti pembinaan.

“Dari Kejurda ini akan terseleksi atlet PON untuk tim putra dan putri maupun 3 on 3,” kata Ribka, Selasa (22/1) mengutip pada kompas.com.

PON XX pada tahun 2020 akan berlangsung di Papua, dan Kabupaten Mimika sebagai salah satu tuan rumah dari beberapa cabang olah raga, termasuk bola basket. Untuk itu, Kejurda ini sekaligus uji coba lapangan basket yang berada di Mimika Sport Complex (MSC).

Selain itu, acara ini sebagai simulasi kesiapan SDM panitia dalam menghadapi PON nantinya.

“Ini juga ajang uji coba lapangan basket yang akan digunakan pada PON dan simulasi terhadap kesiapan panitia,” pungkas Ribka. (*)