oleh

Kegigihan dan Cita-cita, Putra Asli Papua Suku Auyu Mappi Lulus Tamtama TNI AD

-Berita-42 views

 

Kitorangpapuanews.com – “Dwi dilahirkan dari pasangan Agustinus Hemi Kumuda dan Yulita Pari Kumuda. Orangtuanya asli Suku Auyu di Mappi. Dwi adalah anak yatim. Sejak kecil ia bercita-cita menjadi tentara,” kata ayah angkat Dwi, Mardi Santoso, Selasa 26 Mei 2020. Namanya Dwi Cahyono, ia adalah pemuda asli Suku Auyu di Kabupaten Mappi. Kegigihan Dwi untuk lulus seleksi Tamtama sebagai anggota TNI AD patut diacungi jempol.

Dwi Cahyono sudah dua kali mendaftar sebagai calon prajurit Tamtama. Pada kesempatan pertama, Dwi mengalami kegagalan pada penerimaan Tamtama PK gelombang 2 sumber pedalaman tahun 2019 yang terkendala dengan alokasi.

Kegagalan ini tak menyurutkan niatnya untuk tetap menjadi tentara. Ia kembali mendaftar sebagai calon prajurit Tamtama awal tahun 2020 di Koramil 1707-07/Keppi Kodim 1707/Merauke.

Kegigihannya membuahkan hasil. Ia dinyatakan lulus menjadi perajurit Tamtama PK TNI AD Gelombang I tahun 2020 binaan koramil 1707-07/Keppi Kodim 1707/Merauke..

Sidang Parade Pantukhir Calon Tamtama Prajurit Karier, membuat Komandan Korem (Danrem) 174/ATW, Kolonel Inf Bangun Nawoko terkesan dengan kegigihan Dwi. Ia pun terkejut dengan nama Dwi Cahyono yang ternyata anak asli Papua yang juga fasih menggunakan bahasa Jawa.

Dwi Cahyono memang dibesarkan oleh pasangan yang berasal dari Jawa yakni Mardi Santoso dan Parinten. Dwi telah dirawat sejak berumur tiga hari oleh pasangan ini, hingga ia lulus seleksi menjadi calon prajurit TNI AD.

Untuk mendukung niatnya, usai lulus SMK, Dwi dibina oleh Koramil 1707-07/Keppi. Menurut Sertu Roil, anggota perwakilan Koramil 1707-07/Keppi yang juga pembina sehari-hari, selama di Merauke anak-anak yang berasal dari Mappi ditampung di rumahnya.

“Setiap hari, anak-anak juga diberikan pembinaan latihan fisik maupun psikologi di Kodim 1707/Merauke,” katanya

News Feed