oleh

Kata Yan Madenas, Pasukan Perlu Atasi Konflik Keamanan Skala Besar di Nduga

Kitorangpapuanews.com –JAKARTA– Anggota Komisi 1 DPR RI, Yan Permenas Mandenas mengatakan keberadaan pasukan besar TNI/Polri dianggap perlu untuk mengantisipasi terjadinya konflik skala besar di wilayah-wilayah rawan yang ada di Papua khususnya Kabupaten Nduga

“Jika keberadaan Pasukan TNI/Polri ada untuk mendeteksi dan menjaga ancaman terhadap keutuhan NKRI atau konflik kemanana skala besar maka itu sangat perlu, sebaliknya, jika ancaman keamanan masih skala kecil, maka tidak perlu ada pasukan besar. cukup Polisi saja untuk mengatisi itu,” katanya Yan Mandenas kepada Kawat Timur di ruang kerjanya, Selasa (21/1/2020).

Terkait dengan keberadaan pasukan TNI/Polri di Kabupaten Nduga yang masih menjadi polemic dengan masyarakat setempat, Yan berpendapat saat ini pasukan tersebut sangat di butuhkan, apalagi dengan situasi konflik yang terjadi beberapa waktu terakhir. “Memang pasukan TNI/Polri memang sangat perlu di Nduga, untuk memperkuat keamanan di sana,” kata Yan.

Ia pun mengaku kehadiran anggota TNI/Polri yang saat ini bertugas di Papua sangat terbatas dan tidak sepenuhnya mampu mengatasi gejolak sosial politik di Papua, sehingga perlu ada penambahan pasukan untuk ditempatkan di beberapa lokasi rawan.

Bertolak dari itu juga, sambung Mandenas, Komisi 1 mendorong TNI/Polri untuk segera membentuk Polres dan Kodim di Kabupaten yang belum memiliki Polres dan Kodim. “kami dorong ini agar TNI dan Polri mempercepat pembentukan Kodim dan Polres. Jika setiap Kabupaten telah memiliki Kodim dan Polres maka tidak perlu ada pasukan besar,” katanya.

News Feed