oleh

Kasad Tegaskan TNI Tak Pakai Kekerasan Hadapi TPN-OPM  

-Artikel, Kriminal-1.187 views

Kitorangpapuanews.com, Jayapura – Gejolak di Tembagapura sampai saat ini masih memanas, Tentara Pembebasan Nasional-Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) masih belum mau melepaskan 1.300 orang warga yang menjadi sanderanya, Tim gabungan dari TNI dan Polri sudah disiagakan di Tembagapura untuk melakukan langkah-langkah penyelamatan sandera.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono mengatakan pasukan TNI dan Polri mendekati Kelompok TPN-OPM di Papua yang melakukan penyanderaan dengan cara persuasif.

“Kami melakukan pendekatan dengan cara persuasif, jadi tidak menggunakan cara kekerasan,” katanya usai meresmikan prasasti tulisan tangan Presiden pertama RI Soekarno di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (11/11).

Pihaknya sudah menyiapkan pasukan yang ada di sana dan sudah terjadi negosiasi. “Mudah-mudahan tidak ada apa-apa,” tambahnya.

Kasad mengatakan ada pasukan TNI dengan Polri berada di Tembagapura untuk semaksimal mungkin menggunakan cara yang persuasif. Menurutnya banyak penugasan satuan yang ada di sana, ada organisasi kecil yang juga mempunyai kemampuan untuk pendekatan.

“Untuk melakukan tugas tersebut dipilih orang-orang yang punya spesifikasi atau kemampuan soal itu,” ujar orang nomor satu di Angkatan Darat tersebut.

Dia menegaskan prajurit yang ditugaskan bukan untuk berperang dengan Kelompok TPN-OPM, tetapi untuk menyadarkan mereka agar melepaskan para sandera.

“Tujuan utama bukan perang dengan mereka, itu yang harus digarisbawahi,” katanya. Tujuan dari Tim gabungan TNI dan Polri adalah menyelamatkan Masyarakat dan mengembalikan situasi Tembagapura kembali aman dan kondusif. (**)

News Feed