Kargo Bandara Wamena menemukan 80 Amunisi, Magasen dan 7 Paket Ganja

oleh

Kitorangpapuanews.com – Kapolres Jayawijaya, AKBP Tonny Ananda Swadya, menuturkan polisi menemukan satu buah kardus yang berisi tujuh paket ganja yang dikemas dalam paket plastik bening yang disimpan menjadi satu dalam karung berukuran lima kilogram serta menyita 80 butir peluru yang ditemukan dalam gudang kargo di Bandar Udara Wamena, sekitar pukul 09.30 WIT, Selasa (30/7). Ditemukan juga satu buah kardus berisi ganja.

Ke-80 butir peluru disimpan dalam gudang kargo yang beralamat di Apron II Jalan Gatot Subroto Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Rinciannya: 32 butir amunisi jenis revolver, 14 butir jenis SS1 Caliber 5,56 mm, satu buah magazen berisi 30 butir amunisi jenis SS1/V5, satu butir amunisi AK47, dan tiga butir amunisi V2.

“Pelaku sengaja memaketkan amunisi dan narkoba dalam peralatan band dan telah mengelabui petugas di bandara,” ujarnya.

“Sehari sebelumnya, kami telah memeriksa sejumlah barang kiriman di kargo Bandara Wamena dan petugas menemukan ganja,” jelas AKBP Tonny, Selasa (30/7).

AKBP Tonny menduga, amunisi dan ganja akan dikirimkan kepada kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB).

“Amunisi dan ganja akan dikirim ke Kabupaten Nduga dan saya yakin barang ini pesanan Egianus Kogoya, pimpinan KKSB di Nduga,” jelas Tonny.

Polisi juga telah menangkap RJW (24 tahun), seorang mahasiswa dari Nduga yang diduga melakukan pengiriman atas barang-barang tersebut.

Kepolisian setempat juga terus mengembangkan siapa pelaku pengiriman amunisi dan narkoba ini yang sesungguhnya dan akan terus dilakukan kordinasi dengan aparat TNI dalam mengungkap kasus ini.