Kapolda Papua Sambut Baik Keinginan Gubernur Bangun Hunian Sementara di Wamena

oleh -8 views

Kitorangpapuanews.com- Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw memberikan apresiasi kepada Gubernur Papua Lukas Enembe, atas upaya yang akan dilakukan pemerintah untuk memulihkan situasi di Wamena Kabupaten Jayawijaya pasca kerusuhan 23 September lalu.

Menurut Kapolda dalam rapat pimpinan forkopimda Papua, Jumat (4/10) malam, Gubernur Papua menyampaikan akan membangun tempat tinggal dan tempat usaha para korban kerusuhan Wamena dalam waktu dekat.

“Beliau punya keinginan cepat membangun tempat tinggal dan tempat usaha saudara kita yang di Wamena pasca kerusuhan beberapa pekan lalu, Saya pikir itu sangat baik dan kami mendukung, sehingga ada percepatan agar saudara kita yang telah meninggalkan Wamena segera kembali,” ujar Kapolda saat ditemui pers usai perayaan HUT TNI ke-74 di Makodam Cenderawasih, Sabtu (5/10)

Untuk proses pembangunan sendiri, Kapolda menerangkan Pemerintah akan membangun hunian sementara sebelum permanen bagi para korban yang tempat usaha dan tempat tinggalnya rusak dan terbakar.

“Kemungkinan sebagian besar sebelum dibuat secara permanen, sementara akan dibuat secara darurat sementara atau bisa dibilang semi permanen seperti Tolikara,” ungkap Kapolda.

Pria yang menjabat dua kali Kapolda Papua ini berharap agara para pengungsi yang meninggal Wamena agar segera kembali tanpa perlu takut dan khawatir, lantaran dirinya menjamin keamanan disana.

“Situasi saat ini sudah kondusif, saya harap semuanya dapat kembali lagi, kamu juga pastikan keamanan semua yang ada,”harapnya.