oleh

Kapolda Papua: Gangguan Keamanan di Papua Nyata, Bukan Rekayasa

-Kriminal, News-501 views

Kitorangpapuanews.com Kota Jayapura – Walaupun sebagian besar wilayah Papua aman dan kondusif, sewaktu-waktu wilayah di Papua akan terus terjadi gangguan keamanan yang terjadi secara nyata, bukan rekayasa.

Untuk itu, personil Polda Papua dituntut tetap waspada dan para kapolres yang memimpin daerah itu akan menjadi sorotan utama dalam dinamika kamtibmas, maupun keamanan dalam negeri (kamdagri).

Pernyataan tersebut diutarakan Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw dalam pelantikan 5 kapolres baru yakni Kabupaten Nduga, Puncak, Deiyai, Intan Jaya dan Yalimo di Aula Rastra Samara Mapolda Papua pada Rabu 18 Desember 2019.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Papua juga melakukan mutasi jabatan ke Dirreskrimsus, Kabidpropam, Kabid TIK dan Dansatbrimob.

“Bahkan hari ini pun, kita semua sedang menunggu evakuasi korban akibat kontak senjata yang terjadi di Sugapa, Intan Jaya,” kata Waterpauw, Rabu 18 Desember 2019.

Kapolda Papua menambahkan ada beberapa wilayah di Papua yang disoroti akan gangguan keamanan, seperti Ilaga, Nduga, Tolikara, Paniai, Dogiyai, Deiyai, Yalimo dan Mamberamo Tengah yang masih terus bergejolak.

Termasuk kepada seluruh personil yang bertugas di Polda Papua perlu berbangga hati, sebab ini merupakan amanah, karena ditugaskan pada wilayah Papua.

“Ini amanah, ada kepercayaan yang diberikan kepada pimpinan untuk menjalankan tugas di Papua. Jadi, jalankan tugas itu dengan baik. Artinya siapa yang bisa melakukan tugas itu dengan baik dan menjaga diri, serta mampu menjalankan tugas, pasti akan mendapatkan sebuah penghargaan dari pimpinan,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda Papua juga berpesan pada lima kapolres untuk melakukan inovasi, memberikan masukan kepada pimpinan dan medekati para tokoh di wilayah masing-masing, termasuk mendukung seluruh kebijakan pemerintah.

Sekda Kabupaten Nduga, Namia Wijanggeng usai pelantikan menyampaikan sejak Kabupaten Nduga terbentuk tahun 2008 belum pernah ada Polres, Kodim dan satuan lainnya yang dapat mendukung pemerintah dalam menjalankan tugas pelayanan masyarakat.

“Kami sudah beberapa kali minta kepada Kapolda untuk segera memberikan Polres disana dan kami bersyukur hari ini Kapolres sudah dilantik. Ini adalah kado natal dan salah satu harapan masyarakat Nduga, karena selama ini hanya ada pos polisi atau Polsek, sehingga anggota yang ada sangat terbatas untuk bisa membantu keamanan kondisi di Nduga,” tuturnya.

News Feed