Kapolda Papua & Bupati Deiyai Sepakat Untuk Meminimalisir Peredaran Miras

oleh

Deiyai, kitorangpapuanews  – Kapolda Papua dan Bupati Deiyai sepakat untuk meminimalisir peredaran miras di kabupaten Deiyai yang selama ini menjadi akar dari sejumlah persoalan yang terjadi. Hal itu terungkap dalam pertemuan antara Kapolda Papua, Irjen Pol Rudolf Rodja dengan Bupati Deiyai serta seluruh elemen di kabupaten Deiyai, Sabtu siang (08/06), bertempat di Kantor Distrik Tigi. Kapolda Rudolf Rodja mengatakan, pemkab Deiyai dan Polres Paniai harus bekerjasama menekan dan meminimalisir peredaran miras di Deiyai yang menjadi pemicu sejumlah persoalan.

Hal itu disepakati oleh Bupati Deiyai, Ateng Edowai. Ateng menegaskan, pihaknya akan membatasi peredaran miras dan perjudian di kabupaten Deiyai. Bupati juga meminta kepada pimpinan TNI/Polri untuk menindak dan memindahkan anggotanya yang kedapatan mabuk dan membackup peredaran miras di Deiyai. Sementara jika warga yang mabuk maka pihak kepolisian wajib mengamankan warga tersebut di penjara dan pihak keluarga tak boleh membela. Tokoh Pemuda yang hadir dalam pertemuan tersebut, Tino Mote, sepakat dengan penegasan Bupati dan Kapolda untuk memberantas miras dan judi di Deiyai.

Sementara Ketua Ikatan Kerukunan Sulawesi Tenggara (IKST) Hj. Lamisili meminta agar pihak kepolisian bisa memproses pelaku pembakaran dan pemerkosaan yang terjadi di Deiyai sesuai hukum yang berlaku. Lamisili berharap agar aparat di Deiyai bisa ditambah sehingga jika terjadi persoalan maka dapat teratasi dengan jumlah personil yang cukup. Kapolda Papua menegaskan bahwa pelaku penembakan, pembakaran dan pemerkosaan anyg terjadi beberapa waktu lalu akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Pertemuan yang dilaksanakan Sabtu siang (08/06) tersebut, dihadiri Bupati Deiyai, Ateng Edowai, Wakil Bupati Hengky Pigai, Sekda, Marthen Ukago, Wakil Ketua II DPRD, Petrus Badokapa, Kapolres Paniai, AKBP Supriagung, Kadis Tigi, Fabianus Mote, Ketua Ikatan Kerukunan Sulawesi Tenggara (IKST) Hj. Lamisili, Ketua Ikatan Kerukunan Bugis Makassar (IKBM) Hj. Abusar, Tokoh Masyarakat, Marthen Adii, Uwapa Mote, Tokoh Pemuda, Tino Mote dan Tokoh Agama, Silas Pekey.