oleh

Kapal cargo yang membawa Logistik Diperbolehkan Masuk ke Nduga Papua

-Berita-56 views

kitorangpapuanews.com — Kapal yang mengangkut barang, utamanya sembako, Bahan Bakar Minyak (BBM) dan bahan bangunan kini telah diperbolehkan untuk memasuki wilayah Kabupaten Nduga.Kebijakan tersebut tertuang dalam surat edaran Bupati Nduga tertanggal Selasa (21/4/2020) dan memiliki enam poin tentang pembatasan masuk dan keluar orang serta penutupan kapal penumpang. Bupati Nduga Yairus Gwijangge menjelaskan perpanjangan penutupan pesawat penumpang serta pembatasan waktu aktivitas masyarakat, dalam upaya pencegahan dampak Covid-19 di Nduga. Sebab angka penyebaran corona di wilayah Provinsi Papua semakin meningkat dan sudah tersebar di beberapa kabupaten.

Adapun enam poin di edaran tersebut ialah:

1. Mengizinkan pelayanan kapal cargo atau barang dalam hal ini mengangkut kebutuhan pokok makanan, sembako, BBM dan kebutuhan bahan bangunan yang akan masuk di Kabupaten Nduga melalui pelabuhan laut di Batas Batu.

2. Penghentian warga yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Nduga melalui Bandar Udara Kenyam, Pelabuhan Laut (Batas Batu) dan pos lintas batas sungai atau perbatasan wilayah Kabupaten Nduga.

3. Penutupan pelayanan kapal penumpang dari Kabupaten Mimika, Merauke, Asmat dan Yahukimo yang masuk wilayah Nduga melalui pelabuhan Mumugu 1dan 2.

4. Perpanjangan waktu penutupan Penerbangan dari Timika –Kenyam serta Wamena-kenyam hingga batas waktu yang tidak di tentukan.

5. Memberlakukan waktu aktivitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok secara terbatas antara pukul 06.00 sampai dengan 16.00 WIT, termasuk aktifitas pasar, kios ruko dan rumah makan.

6. Untuk seluruh masyarakat di himbau dalam rangka pencegahaan, pengendalian dan penanggulangan virus corona dengan pemberlakuan social distancing atau pembatasan sosial masih tetap berlaku dan akan dilakukan evaluasi untuk diambil langkah-langkah selanjutnya.

Sebelumnya, Kapolres Nduga AKBP Muhammad Darojat Daimboa mengungkapkan, berdasarkan pantauan pihaknya di sejumlah kios dan Toko di Kenyam ketersediaan sembako dan Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah mulai terbatas.”Sebagai akibat pembatasan aktifitas kapal barang untuk memasuki wilayah Kabupaten Nduga, maka sembako juga mulai terbatas,” ungkap Darojat pada rri.co.id saat dihubungi melalui saluran telepon, Rabu (23/4/2020).Meskipun ketersediaan sembako mulai terbatas, situasi Kamtibmas di wilayah tersebut masih kondusif.

News Feed