oleh

KAMU MAHASISWA?? KAMU HARUS SADARI DAN PAMAHI INI !

-Artikel-1.768 views

Sebagai seorang mahasiswa yang mempunyai tugas tanggungjawab untuk menuntut ilmu yang tinggi guna memajukan bangsa, tentunya tidak luput dari belajar, belajar dan belajar serta mengembangkan diri dalam melaksanakan tugas kedepannya.

Tetapi, tidak etis apabila seorang mahasiswa melakukan demo-demo anarkis seperti melakukan pengrusakan atau kekacauan. Seorang mahasiswa menjadi andalan negeri ini sebagai “agent of change”, karena kedepannya, mahasiswa merupakan pemuda-pemudi yang akan melanjutkan tongkat estafet perjuangan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan ilmu, tenaga dan keterampilannya. Sebagaimana yang terdapat dalam isi dari Semboyan Mahasiswa “Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang memiliki makna sebagai berikut :

Pendidikan dan Pengajaran

Intinya bahwa seorang mahasiswa menitik beratkan kepada tugas dan pengajaran agar mahasiswa lebih dalam memahami ilmu yang sedang didalaminya di perguruan tinggi. Karena salah satu tolak ukur keberhasilan mahasiswa adalah kesuksesan dalam menguasai ilmu pengetahuan yang didalami sesuai jurusan atau bidangnya masing-masing.

Penelitian

Bahwa seorang mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan yang mendalam dan dapat secara langsung di implementasikan di masa yang akan datang, mahasiswa wajib melaksanakan penelitian-penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan untuk kepentingan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan bidang keilmuannya.

Pengabdian Kepada Masyarakat

Seorang mahasiswa seyogyanya dapat mengimplementasikan keilmuannya untuk membangun masyarakat aman, tertib dan sejahtera dengan cara melaksanakan kegiatan yang nyata kepada masyarakat sesuai bidang keilmuan masing-masing.

Sebagai contoh adalah mahasiswa yang melaksanakan tugas dalam bidang kesehatan dapat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan atau kegiatan massal, begitupun dengan jurusan teknik yang dapat berkontribusi kepada masyarakat seperti dalam rangka meningkatkan keterampilan masyarakat bekerjasama dengan dinas ketenagakerjaan melaksanakan pelatihan keterampilan mekanik, bangunan, elektronik dan lain sebagainya.

Contoh lain adalah mahasiswa dalam jurusan pendidikan dapat turun langsung ke lapangan dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Pemerintah Daerah dalam rangka memberikan pengajaran kepada anak-anak di daerah pedalaman.

Jurusan yang lainpun dapat melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai jurusannya masing-masing.Namun sangat disayangkan saat ini, banyak mahasiswa yang salah kaprah dengan dalih membela kepentingan rakyat melaksanakan aksi atau kegiatan yang justru berujung kepada tindakan anarkis dan terkadang membuat jalur lalu lintas menjadi macet sehingga roda perekonomian dapat terhambat.

Padahal seharusnya untuk membela dan mensejahterakan rakyat, seorang mahasiswa dapat berkontribusi besar kepada masyarakat dengan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang positif, membangun dan mensejahterakan.

News Feed