oleh

KABUPATEN JAYAPURA SIAPKAN PEMEKARAN DISTRIK

Sentani, Kitorang Papua – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan setelah terjadi pemekaran kampung menjadi kampung definitif dan kampung persipan di sejumlah distrik selama 2017-2018, tahun 2019 dari akumulasi jumlah pemekaran kampung definitif dan kampung persiapan tersebut akan melahirkan beberapa distrik baru di Kabupaten Jayapura.

“Beberapa hari lalu kami ke Distrik Airu. Ada empat kampung definitif dan tujuh kampung persiapan yang diresmikan. Nanti tahun 2019, tujuh kampung tersebut sudah ditetapkan menjadi kampung definitive. Maka, Wilayah Pembangunan Empat akan terbentuk satu distrik baru yaitu Distrik Pagai,” jelas Bupati Awoitauw di Sentani, Jumat lalu (9/11).

Kata Bupati, tidak menutup kemungkinan bukan hanya di Wilayah Pembangunan Empat saja yang ada pemekaran distrik. Wilayah Pembangunan Satu, Dua, dan Tiga juga akan mengalami hal yang sama.

“DPRD sedang menggodok peraturan daerahnya, selanjutnya akan disahkan. Tim dari Uncen dua tahun lalu sudah melakukan kajian terhadap pemekaran kampung dan distrik, tidak menutup kemungkinan pasti lahir daerah otonomi baru di waktu mendatang,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Kepala Distrik Airu, Arnold Luturmas, mengatakan pemekaran sejumlah kampung di Distrik yang dipimpinya kebanyakan pada wilayah perbatasan. Sehingga ke depannya perlu adanya perhatian serius dari pemerintah daerah.

“Harus ada percepatan pembangunan yang dilakukan sehingga wajah Kabupaten Jayapura pada daerah terisolir dan perbatasan tidak lagi menjadi daerah yang tertinggal,” katanya. (*)

News Feed