oleh

Kabupaten Jayapura Berencana Ajukan PSBB

-Berita-91 views

Kitorangpapuanews.com – “Rencana ini belum final, semua masih dibicarakan. Tapi, jika ada keputusan PSBB, dalam waktu dekat pasti akan diumumkan,” jelas Bupati Kabupaten Jayapura yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Jayapura

Mathius Awoitauw, berencana mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Rencana PSBB masih terus dilakukan pembahasan bersama tim gugus tugas.

Hingga Minggu (19/4), kasus positif COVID-19 di Kabupaten Jayapura bertambah 2 orang, sehingga secara kumulatif menjadi 23 kasus. 

Juru Bicara Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie menuturkan 2 kasus baru terdapat di daerah Pasar Lama Sentani, Kabupaten Jayapura. 

“Dua kasus ini ada kontak erat dengan pasien Y47 yang dinyatakan positif COVID-19. Dua kasus baru ini dengan kode Y69 dan Y70,” jelasnya. 

Khairul menyebutkan penemuan kasus COVID-19 di Pasar Lama makin meningkat dan direncanakan pemerintah akan melakukan karantina wilayah Pasar Lama Sentani mulai Senin (20/4).

“Mekanismenya akan dilakukan mulai Senin besok dan disesuaikan dengan petugas di lapangan. Keputusan ini berdasarkan rapat tim gugus tugas,” ujar Khairul.

Tim gugus tugas COVID-19 Kabupaten Jayapura mencatat dari 23 kasus COVID-19, sebanyak 13 kasus diantaranya berasal dari Pasar Lama Sentani. 

Dalam penerapan wilayah Pasar Lama Sentani, maka pemerintah akan menyediakan logistik dan pelayanan kesehatan bagi warga selama masa karantina.

“Saat karantina wilayah, ada beberapa pengecualian, diantaranya tenaga kesehatan dan aparat keamanan serta petugas logistik yang bisa masuk ke daerah Pasar Lama Sentani,” jelasnya.

Dengan diberlakukannya sistim karantina wilayah ini, maka segala aktivitas seperti kendaraan umum dan para pegadang akan dihentikan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

 

News Feed