oleh

Jumlah PDP Meningkat, Papua Kekurangan APD

Kitorangpapuanews.com -Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Papua terus menunjukkan peningkatan, data terbaru dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua mencatat bahwa hingga Rabu sore (25/3), jumlah PDP mencapai 36 orang.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule, mengatakan 36 orang ini tersebar di enam daerah, dengan jumlah terbanyak di Kota Jayapura.

“Jumlah PDP hingga sore ini sebanyak 36 orang. Mereka tersebar di beberapa daerah, yakni, Merauke 10 orang, Biak Numfor 2 orang, Timika 1 orang, Wamena 1 orang, Kabupaten Jayapura 3 orang, dan Kota Jayapura 19 orang,” katanya kepada wartawan di Kota Jayapura, Rabu (25/3) sore.

Ia mengatakan kondisi 36 orang PDP ini dalam keadaan sakit sedang. “Kondisi mereka sakit ringan hingga sakit sedang. Kalau ada yang sakit berat harus dipasang ventilator,” ujarnya.

Silwanus mengaku, dengan tambahan pasien yang terus mengalami peningkatan setiap hari membuat Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas kesehatan menjadi berkurang, sehingga pihaknya membutuhkan lebih banyak APD.

“Dengan tren PDP yang terus meningkat maka APD semakin berkurang. Stok yang tersedia sekarang tersisa 54, sehingga kami harapkan ada tambahan APD,” akunya.

“Kita rencananya akan mendapat tambahan 200 Alat Pelindung Diri (APD) dari BNPB, semoga ini secepatnya terealisasi untuk didistribusikan kepada tenaga medis kita,” sambungnya.

Sementara untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) covid-19 di papua hingga Rabu (25/30 sore tercatat berjumlah 728 orang.

Dari total 36 PDP yang menjaani perawatan, 3 orang dinyatakan positif covid-19. Ketiganya dirawat di RSUD Merauke.

News Feed